JAKARTA - Sepakbola Indonesia berduka. Salah satu pelatih sepak bola Indonesia, yang juga pelatih Tim Nasional Wanita Indonesia saat Asian Games 2018, Satia Bagdja Ijatna meninggal dunia.

Pelatih berusia 60 tahun tersebut tutup usia di Rumah Sakit Hermina Grand Wisata Tambun, Jawa Barat, Senin (3/8/2020) malam karena sakit.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. PSSI ikut berduka cita atas berpulangnya mantan pelatih timnas wanita Indonesia, Satia Bagdja. Semoga amal perbuatan beliau selama hidup diterima dan mendapatkan tempat terbaik disisi Allah SWT," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"PSSI dan Indonesia merasa kehilangan salah satu putra terbaik yang pernah dimiliki oleh bangsa kita dalam hal sepak bola," tambah Iriawan.

Pada Asian Games 2018, Satia membawa timnas wanita Indonesia berada di posisi ketiga klasemen Grup A, dengan hmeraih tiga poin dari satu kemenangan dan dua kekalahan. Sedangkan di Piala AFF Wanita 2018 skuad Garuda Pertiwi mengakhiri di posisi ketiga Grup B, mengumpulkan dua angka.

Selain menangani Timnas Wanita Indonesia, Satia Bagdja juga pernah sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2011 dan 2013. 

Satia Bagdja juga pernah berkarier di klub, ia menjadi asisten pelatih di Persija Jakarta, Arema FC, dan Sriwjaya FC. Ia juga ikut mendampingi pelatih Rahmad Darmawan ketika menukangi klub Malaysia, T-Team. Pada Juli 2019, Satia Bagdja menangani Persiba Balikpapan di Liga 2. ***