PEKANBARU, GORIAU.COM - Untuk mengantisipasi amukan para anggota kelompok geng motor, aparat Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pekanbaru menjaga dengan ketat Stadion Utama Riau yang berlokasi di kompleks Universitas Riau. Lokasi ini sebelumnya dijadikan sebagai 'sarang' bagi anggota-anggota Klewang.

"Stadion Untama ini sempat dijadikan sebagai sarang atau markas anggota-anggota geng motor pimpjnan Klewang," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Pekanbaru, Kompol Arief Fajar Satria di Pekanbaru, Senin (20/5/2013).

Dia mengatakan, brandalan geng motor dari berbagai komunitas yang menyebut dirinya sebagai geng XTC, 'Atit Abang' hingga lainnya kerap menggunakan fasilitas di stadion untuk menjalankan aksi-aksi kejahatannya.

Semisal, demikian Arief kelompok ini selalu saja memeras warga pengunjung stadion, khususnya bagi mereka yang tengan berpacaran.

Kemudian kelompok ini menurut dia juga kerap menganiaya korbannya dan juga menggunakan jalan-jalan di sekitar stadion untuk balap-balapan. Untuk itu, kata Arief, sangat perlu Stadion Utama Riau ini dijaga dengan ketat aga tidak lagi difungsikan sebagai 'sarang' para brandal geng motor.

Dia mengatakan, setiap malamnya stadion ini dijaga sebanyak delapan orang petugas dari Satuan Polsek Tampan, Pekanbaru. "Petugas-petugas ini ditempatkan di beberapa titik rawan, mulai dari pintu masuk hingga aktif melakukan patroli keliling," katanya.(fzr)