DURI - Sepanjang 2016, kasus kecelakaan terjadi di Jalan Lintas Duri-Kulim Kecamatan Mandau cukup tinggi dibandingkan 7 Kecamatan lainnya di wilayah Polres Bengkalis. Tercatat 29 orang meninggal dunia dari 107 kecelakaan lalu lintas yang terjadi.

Demikian dikatakan Kapolres Bengkalis, AKBP Hadi Wicaksono dalam ekspos tindak kriminalitas yang digelar di ruang pertemuan Polsek Mandau, Sabtu (31/12/2016).

"Dari 107 kasus laka ini, yang bisa diselesaikan itu 103 perkara atau 96 persen. Tahun lalu korban laka yang meninggal dunia 47 sementara tahun ini 29 orang, terjadi penurunan. Luka berat 97 orang dan luka ringan 78 orang dengan kerugian materil Rp270 juta 350 ribu," katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, ada 64 kasus kecelakaan yang terjadi di Mandau, Pinggir 30 kasus, Bengkalis 4 kasus, Bantan 1 kasus, Bukit Batu 6 kasus, Siak 1 kasus, Rupat 1 kasus dan Rupat Utara nihil. "Kecelakaan tertinggi itu terjadi dibulan April dan Agustus, masing-masing 14 kasus," bebernya lagi kepada GoRiau.com (GoNews Grup).

Mengenai titik yang rawan laka lantas ini, ditambahkan Kasat Lantas Polres Bengkalis, ada pada sejumlah titik. " Ada 70 titik, khusus di lintas Duri ini dimulai dari sekitar Sam-sam, Desa Pinggir, Duri pusat dan daerah kulim. Karena ini merupakan jalur lintas provinsi yang sangat padat penduduk," ujar AKP Rachmad C Yusuf.

Selain itu, lanjutnya, Satlantas juga sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka laka lantas ini dengan melakukan kordinasi kepada pihak-pihak terkait seperti dinas pekerjaan umum, perhubungan dan Kementrian PU.

"Kondisi Jalan menjadi salah satu penyebab terjadinya laka lantas di wilayah Polres Bengkalis. Untuk itu sebelum pihak terkait turun melakukan perbaikan Jalan, personil juga sudah melakukan penimbunan pada Jalan yang berlubang. Memasang spanduk himbauan agar pengendara berhati-hati dan memasang sejumlah rambu-rambu lalu lintas," kata Kasat Lantas.*** #BENGKALIS