PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau bersama tim gabungan dan masyarakat sekitar berhasil menggiring keluar 14 ekor Gajah Sumatera, yang memasuki perkebunan warga di Desa Semunai, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau beberapa hari lalu. Kawanan Gajah ini akan dikembalikan ke habitatnya, di Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil.

"Kelompok Gajah ini memasuki perkebunan warga di Desa Semunai pada 4 Agustus 2020 kemarin. Kita BBKSDA bersama Manggala Agni, Polsek Pinggir, RSF dan masyarakat sekitar sudah berhasil menggiringnya menuju Giam Siak Kecil," ujar Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau Heru Sutmantoro, Kamis (6/8/2020).

Gajah ini sudah digiring sejak tanggal 5 Agustus lalu melewati areal perkebunan PT. ADEI dan saat ini sedang melintasi Kawasan Suaka Margasatwa PLG Sebanga, Kecamatan Pinggir.

Sementara itu, BBKSDA Riau mengapresiasi masyarakat Kecamatan Pinggir yang segera melaporkan keberadaan Gajah sebelumnya kepada instansi berwenang, serta tidak melakukan aksi anarkis terhadap satwa yang dilindungi undang-undang tersebut.

"Kehadiran Gajah liar di perkebunan warga tersebut sempat menjadi tontonan namun warga tidak mengganggu kawanan Gajah tersebut. Kedepan, tim akan terus melakukan pemantauan agar Gajah liar tidak kembali masuk ke perkebunan warga," pungkasnya.***