PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama pihak terkait rencananya akan membahas kelanjutan proses ganti rugi lahan untuk pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Kamis (21/8/2014), hari ini.

Karena berdasarkan perkembangannya, dari 126 kilometer panjang jalan yang akan dibangun, baru 7,7 kilometer lahan yang dilakukan ganti rugi lahan. Meski begitu, Pemprov Riau juga telah mengantongi rancangan pembangunannya.

Dimana Kecamatan Rumbai sudah ditetapkan sebagai pintu masuk jalan tol tersebut. "Pintu masuknya di Rumbai," kata Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sudah menyiapkan Rp154 miliar anggaran untuk ganti rugi lahan. Dimana kata Gubri, semuanya akan mulai dilakukan Oktober 2014 mendatang.

Sementara untuk pembangunannya, disiapkan anggaran sebesar Rp14,7 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) untuk tahap awal. "Itu bukan sedikit, sayang jika tidak bisa digunakan," kata Gubri.

Dijelaskan Gubri, tentu saja semua itu tidak terlepas dari telah disahkannya Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Provinsi Riau. Dimana sejumlah kawasan lahan yang akan diganti rugi dan sempat menimbulkan masalahnya akhirnya terpetakan.***