TELUKKUANTAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sudah mengirim Sampel limbah pabrik kelapa sawit milik PT Inti Indosawit Subur (IIS) yang mencemari sebuah sungai di Tanjung Pauh.

"Sudah dikirim sampelnya ke laboratorium di Pekanbaru untuk pengujian," ujar Kepala DLH, Jafrinaldi kepada GoRiau.com, Jumat (27/1/2017) pagi di Telukkuantan.

Dikatakan Jafrinaldi, ketika mendapat informasi tentang pencemaran sungai oleh PT IIS, pihaknya langsung turun ke lapangan.

"Kemudian, kita ambil sampel dan langsung dibawa ke labor Pekanbaru. Mudah-mudahan, hasil uji sampel tersebut segera keluar," ujar Jafrinaldi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bocornya limbah PKS milik PT IIS terjadi pada Selasa (24/1/2017) lalu. Menurut warga, tumpahnya limbah dikarenakan tanggul kolam jebol.

Namun, Arweady Gultom selaku Manager PKS PT IIS membantah tanggul kolam limbahnya jebol. Menurutnya, limbah hanya merembes keluar dikarenakan air melimpah.

"Limbah berasal dari kolam 10, kolam yang sudah bisa dihidupi ikan dan itu merembes. Sebab, ketika itu kolam dalam keadaan terkunci," ujar Gultom saat dikonfirmasi GoRiau.com waktu itu. *** #KUANSING