JAKARTA - Aparat Kepolisian dari Polsek Sawah Besar, Jakarta Pusat, malam ini sudah disiagakan disekitar lokasi Masjid Istiqlal Jakarta, Jum'at (3/11/2016) malam.

Terkait massa yang terus berdatangan dari berbagai daerah, Kapolsek Sawah Besar, Kompol Ridwan RS kepada GoNews.co mengatakan, pihaknya mempersilahkan atau mengizinkan para jamaah untuk menginap di lokasi masjid Istiqlal.

"Kalau yang hadir ke Masjid kita tidak menganggap mereka sebagai massa, tapi kita anggap teman, dan jamaah. Karena ini merupakan tempat ibadah, silahkan kalau mau menginap, kita sudah kordinasi dengan pihak Masjid," ujar Kompol Ridwan.

Namun demikian kata dia, ummat Islam atau para jamaah dari manapun yang ingin menginap, diharapkan bisa menjaga keamanan, kebersihan serta menjaga ketertiban sesuai dengan peraturan masjid.

"Kita akan cek di pintu masuk, kita akan data dari mana saja dan berapa jumlahnya. Untuk sementara data yang sudah ada sama kita, tercatat sekitar 250 jamaah dari Padang, Pekanbaru, Jabar dan Surabaya," tukasnya.

Selain itu kata dia, malam ini pihaknya juga masih menunggu kedatangan jamaah dari Provinsi Lampung. "Dari laporan dan instruksi atasan kita, dari Lampung ada sekitar 5-6 bus yang malam ini akan hadir di Istiqlal," paparnya.

Untuk pengamanannya sendiri, Kompol Ridwan mengaku telah menerjukan sekitar 40 personil Kepolisian yang dibantu puluhan Satpol PP dan Anggota TNI. "Jika memang nanti diperlukan, akan ada penambahan personil," pungkasnya.

Dari informasi yang diterima GoNews.co dari beberapa pengurus Masjid Istiqlal, konsentrasi massa justru terjadi di beberapa Masjid yang ada di Jakarta Selatan, seperti di Pancoran, Kebagusan dan Tebet. ***