KAMPAR - Zakky dari Kecamatan Kampar dan Saniyah dari Kecamatan Bangkinang, berhasil meraih juara pertama lomba Tahfiz Qur'an Anak-anak tingkat SD se-Kabupaten Kampar.

Lomba tersebut dilaksanakan dalam meningkatkan dan menumbuhkan semangat menghafal dan mempelajari Al-Qur’an bagi anak-anak, melalui program Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) bersama Badan Kontak Majlis Taklim (BKMT).

Demikian disampaikan oleh Ketua Umum KKKS dan BKMT Kabupaten Kampar, Hj Muslimawati Catur yang didampingi Wakil Ketua K3S Kampar, Hj Juli Mastuti Yusri saat memberikan sambutan sekaligus menutup kegiatan lomba Tahfizh Anak-anak tingkat SD se Kabupaten Kampar yang di laksanakan di Aula Altha Hotel, Kecamatan Bangkinang Kota, Selasa (3/8/2021).

Muslimawati pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh panitia dari K3S dan BKMT Kabupaten Kampar yang telah menyukseskan kegiatan kita pada hari ini dan semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para dewan juri yang telah memberikan penilaian kepada setiap peserta lomba sehingga hari ini bisa langsung di umumkan para pemenang yang telah mengikuti lomba tahfizh quran ini," kata Muslimawati.

Selanjutnya Muslimawati mengucapkan selamat kepada peserta yang mendapatkan juara lomba tahfiz quran dan berharap agar anak anak terus mengasah dan memperbanyak hapalan alquran lebih dari yang sekarang ini agar nantinya bisa untuk membanggakan orang tua dan juga Kabupaten Kampar.

Kepada peserta lomba yang belum mendapatkan juara, Muslimawati berpesan agar ditingkatkan lagi penghafalan dan mempelajari Alqur’an dan jangan sampai sedih , jangan berkecil hati karena sampai detik ini anak anak peserta lomba sudah sangat luar biasa dalam mengikuti perlombaan ini.

"Terima kasih kepada para pendamping, ustadz dan ustadzah yang sudah memberikan ilmunya kepada anak anak kita semoga apa yang telah di ajarkan tersebut menjadi amal jariah bagi kita semua," ucapnya.

Sementara itu, Salah satu dari juri lomba Tahfiz Qur'an, Mardiana menyampaikan bahwa, peserta lomba Tahfizh Qur'an ini dikuti oleh  20 orang peserta yakni 10 peserta putra dan 10 peserta putri yang berasal dari masing masing kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar selanjutkan akan diberikan hadiah dimulai dari juara 1, 2 dan 3 serta harapan 1, 2 dan 3 kepada anak anak tingkat SD putra dan putri se Kabupaten Kampar.

Dalam lomba Tahfizh Quran tingkat anak-anak SD ini dalam kategori Hifzil Qur’an 1 juz terdiri dari tiga aspek penilaian yakni nilai Tahfizh (50%), Tajwid(30%) dan adab(20%).

Pada kesempatan itu, mardiana langsung mengumumkan para pemenang lomba  yang telah di tetapkan oleh dewan juri, yang mana peraih juara pertama kalangan putra diraih oleh M Zakky Azam dari Kecamatan Kampar, juara dua diraih oleh Nabel Ryas Fathi dari Kecamatan Bangkinang Kota dan juara ketiga diraih oleh Elvan al Hanafi dari Kecamatan Kuok

Selanjutnya yang meraih juara harapan I dari Kecamatan Koto Kampar Hulu, harapan II dari Kecamatan Bangkinang dan harapan III dari Kecamatan Kampar.

Sedangkan yang meraih juara pertama kalangan putri diraih oleh Saniyah Qori An najah dari Kecamatan Bangkinang, juara dua diraih oleh Keisa Rahma dari Kecamatan Bangkinang Kota dan juara tiga di raih oleh Khanzah Afifah Zahidah dari Kecamatan Tambang.

Kemudian yang meraih harapan I dari Kecamatan Kampar Utara, harapan II dari Kecamatan XIII Koto Kampar dan Harapan III dari Kecamatan Kampar.***