SELATPANJANG – Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 dilingkungan pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Jumat (20/5/2022) pagi. Apel yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati itu diikuti peserta dari ASN dan instansi vertikal.

Wabup Asmar dalam sambutannya menyampaikan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, dengan tema peringatan Harkitnas tahun iniadalah "Ayo Bangkit Bersama".

"Tema ini dipilih agar Harkitnas ini dapat menjadi momentumbagi kita sebagai bangsa yang besar untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkitdari pandemi Covid-19 yang telah lebih dari 2 tahun menyerang dan turut berefek di segalasendi kehidupan," ucap Wabup Asmar.

Dalam amanat itu juga disebutkan dapat merasakan bahwa situasi saat ini sudah jauh membaik dibandingkan padasaat awal dunia diserang ganasnya Covid-19 hingga ditetapkan sebagai pandemiglobal. Buah usaha dari berbagai pihak yang semakin sigap dalam menangani setiapkasus, kesadaran masyarakat yang terus meningkat untuk saling menjaga denganmenerapkan protokol kesehatan serta pemerintah yang terus bekerja dalampemulihan ekonomi nasional.

"Beberapa negara kini telah berdamai dengan pandemi dengan menganggap Covid-19 kini hanya seperti flu biasa. Sebuah berita yang sangat dinantikan oleh semuakhalayak seakan dapat memperkuat rasa optimisme untuk keluar dari keterpurukan," ujarnya.

Kemudian, lanjut Wabup, roda yang dulu terhenti kini perlahan bergerak, yang sempat terpuruk kini mulaibertindak. Perlu satukan tekad bersama demi bangkit kembali.

"Tahun ini kita akan memperingati Hari kebangkitan ke-114 yang jatuh pada tanggal20 Mei 2022. Pada masanya, Dr Sutomo beserta para pelajar STOVIA mendirikanperhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Kita pun harus memiliki semangat juang yang sama untuk membebaskandiri dari pandemi yang diakibatkan Covid-19," ujarnya lagi

Selanjutnya, diminta untuk mendukung pemerintah Indonesia agar mampu beradaptasi dengan cepatdan melewati masa-masa krisis. Jangan biarkan keadaan membelenggu dalammasa-masa sulit.

"Kita tidak akan pernah bergerak dan berubah bila hanya salingmenunjuk. "Ayo Bangkit Bersama" agar Indonesia kembali jaya, semangat inilah yangakan kita bawa pada 114 Tahun Hari Kebangkitan," ungkapnya.

Dalam amanat itu juga dijelaskan bahwa adapun tujuan peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2022 adalah untuk terusmemelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong sebagailandasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnyabangsa Indonesia dari pandemi Covid- 19.***