PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan segera melakukan vaksinasi Covid-19, khusus bagi penceramah yang mengisi kegiatan safar Ramadhan, menjelang bulan Ramadhan mendatang.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan penceramah merupakan salah satu sasaran dalam gelombang vaksinasi kedua yang diperuntukkan bagi pelayan publik dan lansia.

"Ini masuk prioritas vaksin sebagimana yang disampaikan bapak Walikota. Karena tokoh agama khususnya penceramah akan melakukan mobilisasi yang cukup tinggi dalam ramadan," ujarmya, Senin (5/4/2021).

Zaini menjelaskan bahwa vaksinasi juga akan diagendakan untuk anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), dan direncanakan pada tanggal 7 dan 9 April 2021. Menurutnya, pihaknya sudah berkomunikasi dengan ketua LPM dan Ketua Idarah Kemakmuran Masjid Indonesia (IKMI) Riau Ismardi Ilyas terkait rencana vaksinasi ini.

"Data yang dihimpun, IKMI Riau mengajukan 1.300 penceramah untuk vaksin. Mereka ini punya agenda berceramah selama bulan Ramadhan di 1.370 masjid, kita berharap proses vaksinasi ini bisa rampung sebelum bulan puasa," pungkasnya. ***