JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan datang ke NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat besok siang.

"Saya dengar ada kabar, ada konfirmasi barangkali kawan-kawan dari partai Demokrat ya mungkin esok hari akan berkunjung kemari," kata Surya kepada wartawan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, (22/06/2022).

Surya mengatakan pertemuannya merupakan modal awal untuk mencari kesamaan. Pertemuan itu bukanlah koalisi. "Belum koalisi baru saling melihat menjajaki, Mencari kesamaan demi kesamaan, yang jelas belum ada koalisi itu pasti, tetapi dengan komitmen kedekatan perasaan saja itu merupakan modal awal yang baik saya pikir itu," tuturnya.

Kedatangan AHY juga dipertegas oleh Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G.Plate. Dia menyatakan akan ada pertemuan intens antara NasDem dengan Demokrat. AHY, menurut dia, akan ditemani oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, yang tak lain adalah Presiden Indonesia ke-6.

"Sekitar Jam 11 nanti akan ada pertemuan, dan ini pertemuan yang semakin intens dan nanti akan ada pertemuan lagi dengan Pak SBY dan Mas AHY, dan besok ada pertemuan lanjutan," katanya.

Menurutnya hal ini merupakan jalan dalam membuka komunikasi yang lebih terbuka. Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra juga membenarkan adanya rencana pertemuan antara Partai NasDem dengan Partai Demokrat.

"Sehubungan dengan statemen Ketua Umum Partai Nasdem, Bapak Surya Paloh tadi, yang diperkuat oleh salah satu pengurus teras Nasdem, Willy Aditya, ketika interview dengan rekan2 media, bahwa besok akan ada pertemuan Nasdem dan Demokrat, kami sampaikan benar, rencananya demikian," kata Herzaky dalam keterangan tertulisnya.

Hari ini, Surya Paloh menerima kunjungan dari DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pertemuan itu digadang-gadang sebagai langkah awal kedua partai untuk membangun koalisi dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Koalisi antara NasDem dengan PKS sebelumnya sudah diramalkan sejumlah pengamat politik. Hal itu tak lepas dari munculnya nama Anies Baswedan dalam daftar yang kedua partai akan usung. PKS sendiri memang belum mengumumkan daftar tersebut, namun diakui bahwa Anies menjadi salah satu calon yang masuk.

Selain PKS, NasDem juga disebut berpotensi menjalin koalisi dengan Partai Demokrat. Hingga saat ini, Demokrat menjadi satu-satunya partai yang belum menentukan akan bergabung ke koalisi mana untuk Pilpres 2024.***