PEKANBARU - Dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2019, Universitas Riau (Unri) masih memberlakukan sistem black list bagi sekolah yang telah lulus seleksi Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) dan Penelusuran Bakat dan Minat (PBM).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Akademik Unri Prov Dr M Nur Mustafa, mengatakan bagi sekolah yang telah lulus siswanya di jalur PBUD dan PBM, kemudian tidak melapor apabila siswanya tidak mendaftar ulang. Maka sekolah tersebut tidak bisa mendaftarkan siswanya pada tahun depan.

"Jadi, bagi sekolah yang siswanya telah lulus di PBUD dan PBM kami ternyata ia tidak mendaftar tanpa informasi dan alasan apapun, akan kami black list. Artinya untuk tahun depan ia tidak bisa ikut," kata Mustafa di Unri, Selasa (12/02/2019).

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa alasan tersebut dilakukan agar bisa memberikan peluang kepada orang lain agar bisa masuk ke universitas melalui jalur ini. Mungkin saat ini banyak masyarakat yang masih menanyakan perihal balck list terebut.

Ads
Mustafa tegaskan bahwa dalam penerimaan peserta didik baru jalur Mandiri PBUD dan PBM di Unri masih diberlakukan sistem black list ini.

Oleh karena itu, ia berharap kepada seluruh sekolah yang siswanya tidak mendaftar agar melapor ke Unri, karena jika sudah adanya laporan maka sekolah tersebut tidak akan di black list oleh pihak kampus untuk penerimaan mahasiswa pada tahun depan. ***