RENGAT - Peristiwa mengagetkan terjadi di Lirik, Indragiri Hulu, Riau. Seorang gadis berusia 13 tahun sebut saja namanya Mawar, tiba-tiba saja melahirkan di kamar mandi. Kisah itu terungkap Sabtu (17/4/2021) pagi, sekitar pukul 08.00 Wib.

Awalnya, Mawar (13), terlihat mondar mandir ke kamar mandi. Namun akhirnya korban mengeluh jika bagian perutnya amat sakit sembari masuk lagi ke kamar mandi, tak lama kemudian, korban menjerit minta tolong kepada ibunya.

Mendengar jeritan itu, ibunya langsung berlari ke kamar mandi, dan betapa terkejutnya sang ibu ketika melihat perut anaknya yang sudah membesar, dan terus merintih kesakitan. Setelah diperhatikan, ternyata anaknya mengalami pendarahan atau kontraksi. Dalam keadaan kesakitan, Mawar menjawab pertanyaan ibunya, kalau yang menghamilinya adalah ayah tirinya atau suami ibunya.

Mendengar pengakuan anaknya itu, sang ibu langsung membantu proses persalinan anaknya dan memanggil tetangga, serta bidan yang ada di tempat suaminya bekerja.

Beruntung, proses persalinan anaknya itu berjalan dengan lancar, dimana Mawar bersama bayinya selamat. Melihat kondisi itu, warga sekitar menjadi geram terhadap ayah tiri Mawar, RAD (34) dan langsung mengamankannya lalu diserahkan kepada pihak kepolisian.

"Iya kejadiannya hari Sabtu 17 April 2021 kemarin. Saat ini pelaku sudah diamankan di Polsek Polsek Lirik untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," ujar Kapolres Inhu AKBP Efrizal, melalui Humasnya, Aipda Misran, kepada GoRiau.com, Senin (19/4/2021).

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 81 Ayat (1) dan pasal 82 ayat (1) undang-undang nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak menjadi undang-undang Jo undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. ***