PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Tujuh ekor gajah ditemukan mati di dalam wilayah konsesi PT RAPP, Sektor Basrah, Kabupaten Pelalawan. Dugaan sementara kematian ke 7 ekor gajah tersebut diduga sengaja diracun oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Dugaan lain juga muncul, gajah-gajah tersebut sengaja diburu untuk diambil gadingnya.

"Jumat kemarin (21/2/2014) sekitar pukul 16.00 WIB telah diperoleh informasi dari petugas WWF atas nama Syam (45). Dari informasi itu beberapa waktu Sabtu (15/2/2014) telah ditemukan 2 ekor gajah jantan dalam keadaan mati yang berada di dalam wilayah konsesi PT RAPP, Sektor Basrah," ungkap Kapolres Pelalawan AKBP Aloysius Suprijadi melalui Kasubag Humas Polres Pelalawan AKP. Lumban G Toruan, Sabtu (22/2/2014).

Lebih lanjut Lumban menyebutkan, dari TNTN, BKSDA dan WWF pada Minggu lalu (16/2/2014) juga berhasil menemukan lagi 4 ekor gajah mati yang kondisinya hanya tinggal tulang belulang saja.

"Dan pada Jumat kemarin (21/2/2014) ditemukan lagi 1 bangkai gajah yang sudah menjadi tulang. Jadi di dapat rincian 7 ekor bangkai gajah, diantaranya 1 ekor betina dan 6 ekor jantan," sebutnya.

Diuraikan Lumban, diperkirakan 1 ekor betina umur 30 tahun, 6 ekor jantan umur 1,5 tahun, sedangkan gadingnya sudah tidak ada lagi (hilang).

"Saat ini bangkai gajah yang sudah menjadi tulang belulang tersebut sudah di amankan oleh pihah BKSDA. Diperkirakan gajah tersebut mati karena di racun,"jelasnya.

Lumban menambahkan, kematian gajah tersebut saat ini di tangani oleh Penyidik Dinas Kehutanan Kabupaten Pelalawan. Dan tindakan Kepolisian membantu penyelidikan untuk mengungkap pelakunya.(rkn)