PANGKALAN KERINCI – Tugu Bono, akan segera dimulai pembangunannya awal tahun depan. Tugu akan dibangun di Bundaran Bhakti Praja, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Tugu itu bakal menjadi salah satu ikon Kabupaten Pelalawan. Bupati Pelalawan, H Zukri bersama Wakil Bupati, H Nasarudin didampingi OPD terkait bersama pihak perusahaan meninjau lokasi yang akan dibangun Tugu Bono.

"Iya, itu dibangun melalui dana CSR mereka (salah satu perusahaan minyak dan gas). Jadi sepertinya mereka sudah mendapatkan pemenang lelang," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pelalawan, Joko Setiadi kepada GoRiau.com, usai peninjauan, Senin (5/12/2022).

Seluruh biaya dan pembangunannya dilaksanakan oleh perusahaan, hanya saja untuk detail enginering design (DED) disiapkan oleh Pemkab Pelalawan.

Hari ini, lanjut dia, dilakukan survei awal peninjauan lapangan. Mungkin dalam minggu ini rekanan akan melakukan pemancangan.

"Jadi, mereka akan menentukan patok, diameternya berapa yang akan dibangun," jelasnya.

Menurut Joko, pembangunan Tugu Bono akan dibangun dengam diameter lebih kurang 30 meter dari titik tengah bundaran. " Tugu Bono akan dibangun sebagai ikon Kabupaten Pelalawan seperti keinginan beliau, pak bupati," tutur dia.

Nantinya, kata dia, akan ada rekayasa lalu lintas saat pembangunan tugu dilaksanankan. "Karena ada tahapan pembangunan, kemungkinan dari arah Bakti Praja akan ditutup, aksesnya dialihkan melalui jalan alternatif," ungkapnya.

Begitu juga arus lalu lintas dari Pekanbaru-Sorek dan arah sebalaiknya, ementara akan dialihkan agar arus lalu lintas tetap lancar.

"Harapan kita bersama agar Tugu Bono dapat terealisasi dan rampung selesai tepat waktu. Estimasi pembangunan sekitar 4 bulan, mudah-mudahan bisa cepat siap," tandas Joko Setiadi.***