TELUKKUANTAN – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) MPO Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengutuk keras aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) di arena Venue Dayung Kebun Nopi.

"Ini merupakan sarana olahraga, tempat penggemblengan atlet. Atlet terbaik Indonesia banyak yang lahir dari sini. Jangan dirusak dengan dalih apapun," ujar Despendra Nugroho, Ketua HMI MPO Kuansing, Senin (5/12/2022) siang di Telukkuantan.

Dikatakan Pendra, Danau Kebun Nopi merupakan aset Kuansing yang harus dijaga kelestariannya. Karena arena ini dijadikan sebagai tempat berlatih para atlet.

"Dari arena dayung ini, nama Kuansing menggema di kancah nasional, bahkan internasional," tegas Pendra.

Karena itu, HMI Kuansing ultimatum Kapolres Kuansing untuk usut tuntas pelaku PETI. Komitmen Kapolres Kuansing dipertanyakan, sebab terkesan tutup mata dengan pelaku kelas kakap.

"Kita minta tangkap para pelaku, seret sampai ke pengadilan dan hukum seberat-beratnya. Jika tidak ada tindak laniut, maka kami akan turun ke jalan, kepung Polres Kuansing sampai ada titik terang PETI di Kebun Nopi," tegas Pendra mengakhiri.***