DOHA – Jepang tampil sensasional di Piala Dunia 2022. Namun, laju cemerlang tersebut memungkinkan terhenti saat berhadapan dengan Kroasia di babak 16 besar.

Duel Jepang vs Kroasia akan dipentaskan di Stadion Al Janoub, Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB. Ini adalah pertemuan ketiga kedua negara di Piala Dunia. Kroasia memenangi pertemuan perdana mereka dengan skor 1-0 di 1998, sebelum seri 0-0 di 2006.

Meski demikian, Jepang telah membuktikan bahwa mereka tidak pantas diremehkan di Qatar. Samurai Biru menciptakan kejutan besar dengan mengalahkan Jerman dan Spanyol 2-1 untuk lolos sebagai juara Grup E. Lebih sensasional lagi, Jepang selalu comeback untuk membalikkan situasi.

Kini Jepang berambisi menjejak perempatfinal Piala Dunia untuk pertama kali dalam sejarah. Akan tetapi, Kroasia akan siap menjegal.

Vatreni menunjukkan performa lebih stabil usai cuma dua kali kalah dalam 22 pertandingan kompetitif terakhirnya. Modric dkk kemudian menjadi salah satu tim yang tidak terkalahkan di fase grup Piala Dunia 2022. Kroasia sukses mencetak empat gol tanpa kebobolan, meskipun mejan di dua pertandingan.

Sementara itu Jepang juga mengemas empat gol tapi sudah kebobolan tiga gol. Satu-satunya kegagalan Jepang mencetak gol ke gawang lawan adalah saat dikalahkan Kosta Rika 0-1.

Dengan demikian, pertarungan Jepang vs Kroasia memungkinkan berakhir dengan minim gol di waktu normal. Namun, tidak akan mengejutkan pula jika Kroasia akan melaju dengan kemenangan lewat adu penalti.

Perkiraan susunan pemain

JEPANG: Gonda; Tomiyasu, Taniguchi, Yoshida; Ito; Morita, Tanaka, Nagatomo; Doan, Maeda, Kamada

KROASIA: Livakovic; Juranovic, Lovren, Gvardiol, Barisic; Kovacic, Brozovic, Modric; Kramaric, Livaja, Perisic.***