PEKANBARU - Setelah sekian lama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Riau dipimpin Ketua sementara Kaderismanto, hari ini Minggu (14/7/2019) resmi memiliki ketua yang baru.

Yakni, Zukri Misran yang sudah diputuskan menjadi Ketua DPD PDIP Riau dalam Konferensi Daerah (Konferda) PDIP Riau di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Hal tersebut disampaikan Jhon Romi Sinaga kepada wartawan di sela-sela Konferda. "Sudah, sudah diketok sah oleh DPP, Zukri Ketua," tegasnya.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPP PDIP, Djarot Syaiful Hidayat ini membuat keputusan tiga posisi penting di DPD PDIP Riau. Tiga orang ditunjuk sebagai pengurus inti partai. Yaitu Zukri Misran yang akan menjadi ketua DPD PDIP Riau, Kaderismanto sebagai sekretaris menggantikan Syafaruddin Poti, dan Ma'mun Solihin sebagai bendahara.

Selain memilih ketua, sekretaris dan bendahara, DPP juga membentuk struktur internal yang jumlahnya mencapai 23 orang.

Selain memutuskan Zukri sebagai Ketua DPD PDIP Riau, peserta Konferda juga menunjuk Kaderismanto yang merupakan anggota DPRD Bengkalis aktif sebagai sekretaris DPD PDIP Riau menggantikan Syafaruddin Poti.

Sementara jabatan bendahara DPD, masih dijabat oleh pengurus sebelumnya, yakni anggota DPRD Riau aktif dapil Kabupaten Kampar, Ma'mun Solihin.

Hal tersebut disampaikan oleh mantan sekretaris DPD PDIP Riau, Syafaruddin Poti, menurutnya susunan tersebut sudah fix dan akan dilantik sore ini. "Sekarang sedang menyusun struktur internal yang berjumlah sekitar 23 orang," singkatnya.

Menurut Syafrudin Poti, proses pemilihan berlangsung lancar dan aman. Dimana, DPP langsung yang membuat keputusan tiga posisi penting di DPD PDIP Riau ini sidang rapat yang dipimpin Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat.

Untuk diketahui Zukri Misran merupakan Anggota DPRD Riau terpilih dari PDIP. Pada Pemilu Legislatif 2014 lalu Zukri juga terpilih sebagai wakil rakyat dari Dapil Siak-Pelalawan dan memutuskan mundur dari DPRD Riau untuk maju sebagai calon Bupati Pelalawan melawan petahana HM Harris. Namun pada Pilbup Pelalawan tersebut Zukri kalah tipis dari HM Harris-Zardewan.

Sementara itu Kaderismanto yang ditunjuk sebagai Sekretaris DPD PDIP Riau merupakan Wakil Ketua DPRD Bengkalis dari PDIP. Ia juga sudah dua bulan menjabat sebagai Plt Ketua DPD PDIP Riau. Seperti Zukri, ia juga disebut-sebut bakal ikut dalam Pilkada Bengkalis pada 2020.

Sekretaris DPD PDIP Provinsi Riau, Syafaruddin Poti menyebutkan bahwa hasil usulan nama ketua DPD akan dibawa ke Kongres Nasional DPP di Jakarta.

"Nama akan diusulkan dalam Konferda, kemudian hasilnya akan kita bawa ke Kongres Nasional di Jakarta. Saat itulah akan ditetapkan oleh DPP PDIP," jelas Poti.

Sementara itu, jabatan ketua definitif DPD PDIP Riau sebelumnya dipegang oleh Kordias Pasaribu. Setelah Kordias turun, DPP PDIP menunjuk Rokhmin Dahuri sebagai plt. Namun pada 18 Maret 2019, jabatan Rokhmin resmi digantikan oleh Kaderismanto.***