BAGANSIAPIAPI - Sejak pagi tadi,  kebakaran lahan terjadi di KM 4 Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau pada hari Minggu (29/4/2018).

Upaya pemadaman dilakukan oleh tim gabungan Satgas Karlahut Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Hingga sore pukul 12.30 siang, api sudah berhasil dipadamkan. Namun petugas masih melakukan pendinginan dengan cara menyemprot menggunakan air yang berasal dari parit pembekoan pada lahan yang sudah berhasil dipadamkan. 

" Sebenarnya api sejak pagi tadi sudah berhasil kami padamkan. Namun untuk mendinginkannya, kami membutuhkan waktu setengah hari," kata Kapolres Rokan Hilir, AKBP Sigit Adiwuryanto Sik,SH melalui Kapolsek Bangko, Kompol James Rianov Rajagukguk kepada GoRiau.com. 

Menurut keterangan Kapolsek, dari kisaran lahan seluas 15 Hektar, yang terbakar hanya  5 hektar. Dan itu tersebar sebanyak 5 titik api. Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut milik perkebunan warga yang kondisinya masih hijau dan tidak kering.

 " Agar api cepat dikendalikan, kami menyebar dibeberapa titik untuk melakukan pemadaman. Semua alat pemadaman dikerahkan ke lokasi yang merupakan milik kepolisian, BPPD dan juga masyarakat," kata Kompol James. 

Dia mengungkapkan, seluruh petugas tidak hanya memadamkan api. Mereka juga melakukan pendinginan dilahan bekas terbakar agar asap yang berada dikedalaman pada lahan gambut tidak dapat lagi memicu menimbulkan api.

Faktor keberhasilan memadamkan api juga tidak terlepas dengan kondisi lahan yang masih hijau sehingga memperlambat proses pembakaran. Ditambah ketersediaan air sangat cukup mengingat lokasi kebakaran yang berdekatan dengan parit pembekoan yang airnya mengalir cukup deras.

Dia menerangkan, lokasi kebakaran lahan terjadi sejauh 2 Km dari jalan utama dengan area gambut vegetasi ilalang, belukar dan pakis. Berkat kerjasama dan koordinasi yang baik antara TNI, Polisi dan BPBD, sambungnya, akhirnya api berhasil dengan cepat dipadamkan. ***.