JAYAPURA,- Kontingen Papua sukse menambah perolehan medali emasnya dari cabang olahraga beladiri karate Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 yang berlangsung di GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Senin (11/10/21).

Karateka putra Papua yang berhasil menyumbangkan medali emas tersebut yakni Claudio F. Nenobesi yang turun di nomor Komite -84kg putra. Claudio melenggang ke partai final usai mengalahkan Getta Shafada Aryadilana di perempat final dan Romario Saitamu dari Jawa Barat di semifinal.

Di partai final, Claudio yang tampil cukup agresif secara dramatis menaklukkan karateka Sulawesi Selatan (Sulsel), Ramadhan Saputra dengan skor 2-1.

Medali emas yang diraih oleh Claudio itu menjadi medali emas pertama bagi kontingen Papua dari cabor karate. Setelah di nomor kata perorangan mereka hanya bisa mendapatkan 1 medali perunggu atas nama Kurniawan.

"Luar biasa, saya ucapkan terima kasih kepada Tuhan dan orang tua saya, karena saya berhasil meraih medali emas. Ini adalah PON pertama saya dan saya bisa menyumbangkan medali emas," kata Claudio.

Sementara itu, pelatih kepala tim karate Papua, Sensei Zakarias Sogorom berharap dengan raihan medali oleh Claudio ini bisa menyuntikkan motivasi berlebih bagi karateka Papua lainnya di nomor berikutnya untuk menyumbangkan medali emas lagi.

"Kami berharap bisa dapat 1 atau 2 medali emas dari kumite lagi dan besok kita akan main di kata beregu putra dan putri. Tadi di kata perorangan kita dapat medali perunggu dan itu menjadi medali pertama kali kita di nomor kata ini karena kita baru turun di nomor kata di PON XX ini. Target kita dua medali emas lagi dari kumite dan kita berharap ada Claudio baru lagi yang muncul di nomor berikutnya," kata Sogorom.

Di nomor ini, medali perak diraih oleh DKI Jakarta dan medali perunggu diraih Getta Shafada Aryadilana dan Dean Bellades (DKI Jakarta). ***