TEMBILAHAN- Salah satu bencana yang kerap terjadi di Negeri Seribu Parit ini adalah kebakaran rumah penduduk. Karena itu, Bupati Inhil, Riau, HM Wardan meminta masyarakat agar terus waspada akan hal itu.

''Tidak hanya regu Damkar, yang paling penting masyarakat itu sendiri yang harus menjaga agar jangan lengah,'' sebut Bupati kepada awak media usai mengikuti upacara HUT ke-97 Damkar dan Sensus Ekonomi 2016 di halaman kantor Bupati, Kamis (17/3/2016).

Penyebab yang paling banyak ditemui, dikatakan Bupati adalah dari arus pendek listrik dan dari kompor yang lupa dimatikan saat memasak.

''Kesadaran masyarakat sangat penting akan bahaya kebakaran itu sendiri, itulah harus bisa mengantisipasinya,'' tambah Bupati.

Tidak hanya itu, kebakaran lahan dan hutan pun dikatakannya harus diantispasi agar tak terulang kembali, yaitu dengan cara tidak membuka lahan dengan cara dibakar atau membakar sampah di lahan perkebunan.

''Tahun lalu, gara-gara kebakaran mengakibatkan asap yang membuat anak-anak tidak bisa bersekolah. Jadi saya imbau semua harus bersama-sama bersiap siaga untuk menjaga,'' tukas HM Wardan.adv