PEKANBARU - Kader Demokrat, Syahroni Tua dipastikan akan menggantikan posisi Anggota DPRD Riau Noviwaldy Jusman yang meninggal dunia. 

Kepastian tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Riau, Asri Auzar usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno berdasarkan hasil Pileg 2019 lalu.


"Proses di partai sudah selesai, Syahroni Tua yang menggantikan saudara Almarhum Noviwaldy Jusman, berkasnya mungkin sudah di Kemendagri," kata Asri kepada GoRiau.com, Jumat (14/8/2020).


Mekanismenya, jelas Asri, DPD Demokrat Riau menyurati DPRD Riau, lalu DPRD Riau mengirimkan permintaan Penggantian Antar Waktu (PAW) di KPU. KPU melanjutkan dengan rapat pleno dan ditetapkan Syahroni Tua menggantikan Noviwaldy.


"Berdasarkan rapat pleno itu, KPU mengirimkan surat lagi ke DPRD kembali, kalah ke partai hanya tembusan saja. DPRD selanjutnya menyurati Mendagri melalui Gubernur Riau untuk diterbitkan SK yang bersangkutan (Syahroni Tua)" tutupnya.


Sebelumnya, DPRD Riau kembali berduka setelah salah seorang anggotanya yang cukup vokal menyuarakan aspirasi rakyat, Noviwaldy Jusman meninggal dunia pada 25 Juni 2020 silam.


Noviwaldy merupakan kader murni Demokrat dan menjadi salah satu pendiri Demokrat di Riau. Ia bahkan sudah menjadi anggota DPRD Pekanbaru Fraksi Demokrat tahun 2004 silam, lalu pada tahun 2009 ia menjadi anggota DPRD Riau sampai akhir hayatnya. ***