PEKANBARU, GORIAU.COM - Kepala SMK Kansai Pekanbaru, Sudarman S.Pd, mengatakan keluarga besar SMK Kansai siap mensukseskan kegiatan adiwiyata yang dilaksanakan oleh pemko pekanbaru. Adiwiyata menurutnya turut mendidik siswa untuk mencintai lingkungannya. Selain itu, menyurutnya program adiwiyata seiring dengan budaya SMK Kansai yang ramah lingkungan hidup.

''Keluarga besar SMK Kansai siap mendukung serta mensukseskan kegiatan adiwiyata kota pekanbaru. Seluruh guru, siswa dan komite sekolah telah bersiap untuk menyukseskan program tersebut,'' ujarnya, Selasa (3/3/2015).

Dia menyebut pada dasarnya cinta lingkungan hidup selama ini telah diterapkan di SMK Kansai. Namun mungkin belum terstruktur dan sesuai dengan standar yang ditetapkan Badan Lingkungan Hidup. Dengan mengikuti program adiwiyata ini SMK Kansai semakin asri dan rindang karena pola pemeliharaan lingkungan hidup lebih terarah dan sistemis.

Untuk menyukseskan kegiatan adiwiyata ini, SMK Kansai telah menyiapkan panitia khusus. Panitia tersebut bertanggung jawab untuk menyiapkan program terbaru yang disesuaikan dengan standar lingkungan hidup dan juga menyiapkan bahan penilaian adiwiyata.

Dikatakannya, diantara berbagai persiapan yang dilaksanakan yakni pihaknya menggelar kegiatan kebersihan rutin, melakukan  pemeliharaan, dan penataan lingkungan sekolah.

''Selain program regular tersebut kita juga telah menggagas berdirinya bank sampah, green house, taman gantung, pembuatan rumah kompos dan juga pelatihan pembibitan tanaman bagi siswa. Selain itu kita juga adakan kunjungan lapangan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kota Pekanbaru,'' terang Sudarman.

Ketua panitia tim adiwiyata, Syahril, saat dijumpai menyebutkan bahwa persiapan tim adiwiyata SMK Kansai sekarang ini sudah masuk pada proses finishing.

''Kita optimis dalam beberapa hari ke depan seluruh persiapan telah kita selesaikan,'' ujar Syahril. (rls)