PEKANBARU - Cabang Olahraga (Cabor) Catur akhirnya berhasil menyumbangkan medali perunggu untuk kontingen Provinsi Riau pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua. Perolehan medali ini merupakan penantian 10 tahun, sejak 2012 sewaktu Provinsi Riau menjadi tuan rumah PON XVII.

Demkian disampaikan Lajuardi Siregar, Sekretaris Umum (Sekum) Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Riau yang mengungkapkan bahwa kontingen dari olahraga catur berhasil menyumbangkan medali perunggu untuk masyarakat Bumi Lancang Kuning.

"Dari 3 nomor yang diikuti Tim Catur Beregu Putra, Riau berhasil meraih medali perunggu di nomor Catur Cepat. Di nomor Catur Kilat, yang dipertandingkan diawal, Riau Hanya menempati posisi ke V. " ungkap Lajuardi kepada wartawan, Selasa, 12 Oktober, 2021.

Khusus untuk olahraga catur ini, sejak PON XVIII pada tahun 2012 sebagai tuan rumah Provinsi Riau pernah mendapat medali untuk nomor beregu putra di pada pertandingan Catur Kilat saat itu mendapat Perak. Kemudian untuk Beregu Putri di nomor Catur Klasik juga dapat Perak.

"Seingat saya,, Cabor Catur Riau belum pernah meraih medali Emas. Pada PON XIX Tahun 2016 di Bandung Jawa Barat, Riau dengan jumlah atlit 11 orang, sama sekali tidak dapat medali " beber Lajuardi.

Dengan perolehan medali perunggu ini, terang Lajuardi merupakan prestasi bagi kontingen Cabor Catur Riau.

Apalagi persiapan yang dihadapi saat pandemi COVID-19 minim, namun Cabor Catur Riau mampu memberikan medali pada iven olahraga nasional di Provinsi Papua ini.

Kedepan, Pengprov Percasi Riau kembali akan mempersiapkan atletnya untuk menghadapi iven nasional baik Kejurnas serta menggali bibit unggul supaya olahraga Catur ini membumi di kalangan anak muda.

Sementara itu, Ketua Pengprov Percasi Riau, Kordias Pasarabu SH MSi menyatakan akan terus mendorong atlet-atlet muda guna mempersiapkan pecatur-pecatur handal dari Bumi Lancang Kuning ini.

"Pertama-tama saya ucapkan selamat buat para atlet Catur Riau yang sudah berjuang maksimal untuk mengharumkan nama daerah, dan juga para atlet cabor lainnya yang sudah sukses meraih kemenangan dan menyumbangkan medali buat Bumi Lancang Kuning ini, semoga kedepannya kita bisa memberikan prestasi lebih baik, baik nasional mapun Internasional sekalipun " tutup Dias, panggilan akrabnya. ***