SELATPANJANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti menerima sejumlah bantuan dari BNPB RI melalui BPBD Provinsi Riau. Bantuan itu berupa sejumlah logistik dan perahu karet lengkap.

Pantauan GoRiau, Kamis (9/2/2017) siang anggota BPBD Kepulauan Meranti sedang menggelar simulasi pemasangan perahu karet yang akan digunakan antai dibutuhkan. Kemudian, beberapa anggota lain juga terlihat melakukan pengecekan terhadap sejumlah logistik untuk disimpan di dalam gudang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kepulauan Meranti M Edy Afrizal SH MSi ketika ditemui mengatakan, selaku wilayah kepulauan memang sangat dibutuhkan alat transportasi laut seperti perahu karet itu. Untuk itu, atas bantuan tersebut Edy mengucapkan terimakasih kepada BNPB RI dan BPBD Riau atas bantuan itu.

Namun, kata Edy, mereka juga masih berharap akan adanya bantuan berupa speedboat dan kapal yang kapasitasnya lebih besar dari perahu karet. Speedboat atau kapal yang berukuran lebih besar ini bisa digunakan di daerah perairan laut lepas."Kalau perahu karet ini untuk resque atau evakuasi di sungai atau selat. Sementara Kepulauan Meranti dekat laut lepas yang sewaktu-waktu terjadi ombak besar. Tentu membutuhkan alat transportasi yang kapasitasnya lebih besar," kata Edy.

Laki-laki yang akrab dipanggil Panglime Edy itu juga mengaku telah mengajukan agar kebutuhan Speedboat dan kapal dengan kapasitas besar ini secepatnya terealisasi. Sembari menunggu terealisasinya bantuan speedboat dan kapal, dengan peralatan yang saat ini sudah dimiliki BPBD Kepulauan Meranti tetap memaksimalkan kinerja.

Edy mengaku sampai saat ini di BPBD Kepulauan Meranti belum memiliki personil kecelakaan laut. Namun, untuk menutupi kekurangan itu, personil BPBD yang ada akan diberdayakan dengan pelatihan-pelatihan saat membantu korban-korban kecelakaan baik darat maupun laut.

"Kita perlu rekruitmen tenaga ahli kecelakaan. Tidak bisa sembarang orang kalau untuk ini. Tapi saat ini kita berdayakan dengan maksimal personil yang ada, sehingga terwujud motto kita sebagai kabupaten tangguh bencana," aku Edy.

Ditambahkan Kasi Kedaruratan dan Logistik Amri bantuan logistik sejumlah Rp80 juta. Adapun beberapa logistik itu antara lain, mie instan, biskuit, ikan siap saji, beras, susu, minyak goreng, baju kaos orange BNPB, paket kesehatan, family kid, kidsware, matras, dan tikar. Selain itu juga ada bantuan berupa pompa jinjing, selang, nozle, y connection, kacamata, sarung tangan, masker, tangki lipat, perahu karet CDR (RI) AL 500 R, pelambung, dayung, dan mesin tempel perahu karet kapasitas 25 BMH. *** #Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini