PEKANBARU - Anggota Komisi V DPRD Riau, Marwan Yohanis, meminta pemerintah untuk mulai meningkatkan jiwa religius masyarakat di Provinsi Riau. Hal ini dia sampaikan terkait banyaknya permintaan atas bantuan hibah rumah ibadah.

Dijelaskannya, dalam lirik lagu Indonesia Raya, ada kalimat 'Bangun lah jiwanya, Bangun lah raganya', artinya jiwa harus dibangun terlebih dahulu sebelum membangun raganya.

Pembangunan rumah ibadah, kata Marwan, merulakan hal yang sangat penting, tapi membangun jiwa yang lengket dengan rumah ibadah jauh lebih penting.

"Saya mau mengajak kita untuk membangun jiwanya dulu, jiwa yang lengket dengan rumah ibadah. Kalau jiwanya sudah lengket, otomatis ada niat dari masyarakat sendiri, disamping tentu kita berharap juga dari bantuan pemerintah," ungkap Politisi Gerindra ini, Senin (6/12/2021).

Sehingga, dia berharap pemerintah, baik yang ada di daerah maupun di pusat untuk meningkatkan religiusitas masyarakat, apalagi pemerintah punya departemen yang khusus mengurusi itu.

"Dan Kementerian Agama harus fokus membangun akhlak, disamping terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR yang memang tupoksinya membangun," tutupnya. ***