PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman membagi sebagian bebannya dalam mengejar serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau yang baru saja dilantik yakni Ahmad Hijazi.

Menurut Andi Rachman, posisi Sekda sangat berpengaruh dalam pemerintahan. Maka dari itu, proses dalam pencarian Sekda pun tak main-main, melainkan lewat tahapan seleksi terbuka yang panjang. Yang mana, pada tahap akhirnya keluar satu nama terbaik dari tiga nama yang diusulkan untuk ditunjuk dan ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Maka tak heran, jika begitu siap terpilih dan dilantik, Ahmad Hijazi diminta untuk lebih aktif dan sesegera mungkin dalam mengurus sesuatu hal yang menyangkut kepentingan Riau, terutama mengenai permasalahan yang ada.

"Sekda harus lekas bekerja, terutama untuk mempersiapkan APBD Perubahan dan juga APBD  2017. Memang memerlukan kerja keras untuk permasalahan anggaran tersebut. Nanti akan kita lakukan rapat di depan Tim TPAD," ungkap Andi Rachman kepada GoRiau.com, Senin (1/8/2016) sore di Pekanbaru.

Tugas selanjutnya, ia meminta agar Sekda Riau turut memperhatikan perkembangan yang ada di Pemprov Riau dalam memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), baik itu menyangkut kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun kinerja pemerintahan daerah.

"Termasuk keluhan-keluhan seluruh masyarakat yang ada di Riau maupun revolusi mental, reformasi birokrasi, masalah infrastruktur dan keluhan kabupaten maupun kota. Jadi semua ini terpusat pada Sekda," imbuh Politisi Partai Golkar ini.

Sementara itu, Ahmad Hijazi yang berada ditempat yang sama saat itu mengatakan, salah satu hal yang menjadi agenda pentingnya adalah mengejar serapan rendah APBD. Rencananya, ia akan turun langsung untuk memonitor SKPD yang ada secara bergiliran.

"Mudah-mudahan dengan cara seperti ini, realisasi anggaran SKPD yang masih rendah dapat terpacu. Sehingga akhir Agustus nanti pencapaian realisasi APBD bisa tercapai 50 persen dari 28 persen yang terserap saat ini," harap pria kelahiran Kabupaten Indragiri Hilir ini menuturkan. ***