PEKANBARU – BMKG Stasiun Pekanbaru, pada Sabtu (19/11/2022) merilis data prakiraan cuaca. Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau.

Dikatakan Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Anggun, hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan kembali mengguyur Riau pada sore hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja. Pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, dan Kepulauan Meranti," ujarnya.

Dijelaskan dia, cuaca cenderung cerah berawan, tak ada potensi hujan akan terjadi pada siang hari cuaca cenderung cerah berawan, tak ada potensi hujan.

"Lalu, sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hulu, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan juga Kampar," jelasnya.

Kemudian, pada dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Yang dapat terjadi di wilayah Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti pada pagi hari," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan dia, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 58 – 97 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat – Utara dengan kecepatan 15 - 40 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," tandasnya. ***