DURI - Tinggal menghitung hari, semua masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia akan segera merayakan Tahun Baru Imlek 2017. Tahun baru yang Imlek yang jatuh pada hari Sabtu (28/1/2017) ini menandai dimulainya tahun ayam.

Perayaan ini biasanya dimulai dihari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan akan berakhir si tanggal kelima belas yang kita kenal dengan sebutan Cap Go Meh.

Satu bulan menjelang Tahun Baru Imlek biasanya momennya sudah mulai akan terasa. Dibeberapa pusat perbelanjaan dan keramaian yang rata-rata mayoritas adalah keturunan Tionghoa mulai memang atribut dan pernak pernik berwarna merah dan emas, dekorasi dan hiasan khas imlek.

Menyambut Tahun Baru Imlek 2568 tahun 2017 ini, jajaran pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Duri melakukan kegiatan sosial dengan membagikan dana kepada keluarga Tionghoa yang tidak mampu.

Hal itu dikatakan Ketua PSMTI Duri, Adi Gunawan kepada GoRiau.com (GoNews Grup), Sabtu (21/1/2017) usai acara peresmian usaha gipsum rekannya di Jalan Hangtuah.

"Hari ini kita akan turun ke rumah keluarga-keluarga Marga Tionghoa yang tidak mampu, untuk membantu meringankan sedikit beban kehidupan mereka. Dalam hal ini, sejumlah tokoh masyarakat Tionghoa juga turun mendampingi," kata Adi didampingi Edjon Jerenimus, serta anggota DPRD Bengkalis, Edi Budianto.

Adi menyebutkan, perayaan tahun baru Imlek 2017 ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab perayaan imlek ini telah berbaur dengan kekayaan tradisi lokal bangsa Indonesia. Tentunya festival budaya Tionghoa masih bisa dinikmati.

Khusus untuk malam pergantian tahun Imlek, kegiatan sudah dilaksanakan pada Jumat (27/1/2017) malam, diantaranya dengan beberapa kegiatan ritual atau sembahyang serta doa bersama pada saat malam tutup tahun.

Menjelang detik-detik pergantian tahun, dilakukan acara tutup pintu. Setelah memasuki tahun baru Imlek 2568, Sabtu dinihari pintu dibuka kembali disertai dengan kegiatan ritual atau doa bersama. Beberapa warga kemudian menyalakan lilin masing-masing.*** #BENGKALIS