JAKARTA - Susunan kabinet Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang akan datang hingga kini belum ada 'bocorannya'. Presiden Jokowi melalui akun twitternya @jokowi rencananya bakal mengumumkannya pada hari H pelantikan atau setelahnya.

Lantas siapa saja kah yang berpotensi masuk dalam susunan kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin? Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menyebutkan dirinya tak pantas masuk dalam bursa menteri kabinet Jokowi mendatang.

Menurutnya, kabar masuknya dirinya ke bursa menteri yang makin kencang belakangan, adalah isu yang digelontorkan oleh netizen di sosial media belaka.

"Tidak ada potongan saya jadi menteri ini. Itu cuma di medsos (isunya) saja " katanya usai menghadiri sarasehan di Kantor PWNU Jatim, Surabaya, Kamis (17/10) malam.

Said Aqil menambahkan, penentuan komposisi kabinet adalah hak prerogatif presiden. Demikian juga saat ditanya mengenai siapa nama kader NU yang dicalonkan sebagai calon menteri, Said juga mengaku tak mengusulkan siapapun, kepada Presiden Jokowi.

"Kursi menteri itu hak prerogatif presiden. Saya nggak ngusulin (nama)," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bakal mengumumkan menteri-menteri kabinet pemerintahan periode keduanya tak lama setelah pelantikan dilaksanakan pada 20 Oktober mendatang. Tak menutup kemungkinan kabinet diumumkan di hari saat dirinya dilantik atau setelahnya.***