INHU - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Rezyta Meylani - Junaedi Rachmat (Rajut) hampir dipastikan akan memenangkan Pilkada Indragiri Hulu. Pasalnya, Paslon Rizal Zamzami - Yoghi Susilo (Ridho) tak mampu mengejar ketertinggalan mereka dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 03, Desa Ringin, Batang Gangsal, Selasa (20/4/2021).

Pantauan GoRiau.com, penghitungan suara dimulai sekitar pukul 14.30 WIB dimulai dengan pembukaan kotak suara oleh panitia penyelenggara dan disaksikan oleh para saksi dari Paslon.

"Setelah kami hitung, jumlah surat suara adalah 295," kata salah seorang panitia kepada saksi.

Sebagai informasi, selisih suara antara Paslon Rajut dan Ridho adalah 285. Angka tersebut merupakan hasil pengurangan dari total perolehan suara di pleno KPU Kabupaten Indragiri Hulu dengan total suara di TPS 03 ini.

Adapun PSU ini dimenangkan oleh Ridho sebesar 198 suara, sedangkan Rajut hanya memperoleh suara 93. Namun, selisih tersebut belum menutupi kekurangan suara Ridho atas Rajut.

Tak hanya itu, sejumlah masyarakat juga memiliki pilihan kepada Paslon lain, dimana Paslon Wahyu Adi - Supriyati dapat suara, Nurhadi - Toni Sutianto dan Siti Aisyah - Agus Rianto, masing-masing dapat 1 suara. Sementara 1 suara lagi dinyatakan tidak sah.

Dengan hasil PSU hari ini, perolehan suara Pilkada Inhil adalah Rezita-Junaidi menjadi 50.412 suara, Rizal-Yogi 50.232 suara, Wahyu-Supriati 36. 089 suara, Siti-Agus menjadi 35.587, dan Paslon Nurhadi Toni meraih 17.595.

Hasil ini menempatkan Rajut yang diusung oleh Golkar dan Nasdem memuncaki total perolehan suara, sedangkan Ridho yang diusung oleh PKS dan PKB hanya berada di posisi kedua.

Adapun putusan MK adalah meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indragiri Hulu melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 1 TPS saja. Yakni, TPS 03, Desa Ringin, Kecamatan Batang Gangsal.

Berdasarkan data yang diterima GoRiau.com, TPS tersebut hanya memiliki 307 Daftar Pemilih Tetap (DPT), angka ini kurang satu dari total selisih suara antara Rajut dengan pihak yang menggugat, Rizal Zamzami - Yoghi Susilo (Ridho).

Komisioner KPU Riau, Nugroho Notosusanto mengungkapkan, dari data yang ada, 307 DPT itu terdiri dari 154 laki-laki dan 153 perempuan. Selain itu, ada juga 17 orang yang memilih menggunakan KTP Elektronik namun tidak terdaftar di DPT, sehingga ada potensi suara 324.***