PEKANBARU – PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau menyiapkan anggaran Rp20 miliar untuk memperbaiki jalan yang menjadi lintasan Tour de Siak 2022. Event balap sepeda itu nantinya akan melewati 3 kabupaten yakni Siak, Pelalawan dan Pekanbaru.

"Kami sudah siapkan anggaran sebesar Rp20 miliar di UPT I Dinas PUPR-PKPP Riau untuk pendukung ruas-ruas jalan yang menjadi lintasan Tour de Siak, dan sekarang sedang pekerjaan," kata Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, M Arief Setiawan, Jumat (18/11/2022).

Salah satu jalan lintasan Tour de Siak yang tengah diperbaiki adalah jalan Paus, Rumbai, Pekanbaru.

"Salah satu perbaikan yang nampak itu, jalan provinsi di Jalan Paus, Pekanbaru. Sekarang jalan itu sudah base, tinggal diaspal. Artinya semua jalan provinsi yang menjadi pendukung Tour de Siak terus kita maksimalkan," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Tour de Siak merupakan salah satu agenda pariwisata Provinsi Riau. Untuk Tour de Siak tahun 2022, berdasarkan data Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, sedikit sudah lima tim luar negeri dan delapan tim lokal (nasional) yang mendaftar Tour de Siak 2022.

"Sampai saat ini sudah ada 13 tim yang mendaftar Tour de Siak. Lima peserta diantaranya dari luar negeri, dan ada delapan tim dari dalam negeri," kata Roni Rakhmat, Rabu (16/11/2022).

Lebih lanjut Roni menjelaskan kelima tim luar negeri yang sudah mendaftar Toer de Siak diantaranya, Singapore National Team, Go For Gold Filipina dan tim dari Bruney Cycling Brunei. Selain itu dua tim lain asal Malaysia adalah Team Sapura dan Trengganu Polygon Cycling.

Sedangkan delapan tim lokal yang mendaftar diantaranya, Ponti Wijaya Racing asal Kalimantan Barat, Kelapa Gading Bikers asal Jakarta dan BSP Siak Riau asal Riau. Selanjutnya ada Nusantara Cycling asal Yogyakarta, Roojai Cycling dan ASC Monster dari ibu kota DKI Jakarta.

Selanjutnya, dua tim lainnya dari DR.J Cycling Team asal Jawa Tengah dan Liberta Cycling Team asal Jawa Barat. Seluruh tim mendaftar ke panitia dan siap mengikuti Tour de Siak.

"Tim yang ikut serta pada Tour De Siak 2022 merupakan tim terbaik. Mereka pernah mengikuti ajang balap sepeda," ujarnya.

Disamping itu, lanjut Roni, dalam waktu dekat pihaknya juga mulai memantapkan persiapan lintasan. Sebab, dalam event yang sudah digelar sejak 2013 lalu tersebut akan melintasi tiga daerah, yakni Siak, Pelalawan dan Pekanbaru.

Karena itu, sebut Roni, dalam waktu dekat ini pihaknya akan merapatkan barisan mempersiapkan personel keamanan di setiap estape. Tim pengamanan sendiri terdiri dari kepolisian, perhubungan dan instansi terkait lainnya.

"Besok kita rapat di Polda bersama semua unsur mulai dari kepolisian dan perwakilan dari 3 daerah yang akan dilalui. Tiga daerah itu adalah Siak, Pelalawan dan Pekanbaru," terangnya.

Dalam jadwal, pelaksanaan Tour de Siak dilaksanakan pada 1-4 Desember 2022 mendatang. Tour de Siak diawali dengan parade atlet dan opening ceremony pada 1 Desember 2022 di Kota Pusaka tersebut.

Selanjutnya tanggal 2 Desember peserta akan melalui etape pertama, tanggal 3 Desember etape dua dan tanggal 4 Desember etape tiga. Lalu untuk closing ceremony Tour de Siak akan dilaksanakan di Pekanbaru.

Tour de Siak terdiri dari tiga etape. Pertama Siak City Race sepanjang 84 km etape kedua Siak sampai Pekanbaru sepanjang 130 km, dan etape ketiga yakni City Race di Pekanbaru sepanjang 120 km.

Kemudian Tour de Siak akan ditutup di Kota Pekanbaru setelah seluruh peserta mengikuti semua etape dari Siak hingga Pekanbaru. Untuk diketahui, iven Tour de Siak sempat terhenti karena pandemi Covid-19. ***