JAKARTA – Gempa bumi dengan magnitudo 6,8 mengguncang barat laut Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, Jumat (18/11/2022) malam, pukul 20.37 WIB. Kemudian terjadi tiga lindu susulan dengan magnitudo 4,7, 5,6 dan 4,4.

Dikutip dari Kompas.com, meski terjadi gempa magnitudo 6,8 dan tiga gempa susulan, namun warga Pulau Enggano tidak merasakan getaran.

"Tidak terasa gempanya," ujar Marlansius, salah seorang warga Pulau Enggano, saat dihubungi via telepon, Jumat (18/11/2022).

Hal serupa juga disampaikan warga Bengkulu Utara, Sunardi. Dia sama sekali tidak merasakan guncangan gempa. Informasi gempa justru baru dia ketahui dari media sosial.

"Saya tidak merasakan guncangan gempa. Justru tahu dari grup WhatsApp ada informasi gempa yang diumumkan BMKG," kata Sunardi.

Heri Sunaryadi, pengunjung salah satu mal di Kota Bengkulu, juga mengaku tidak merasakan guncangan gempa. Bahkan, dia melihat pengunjung di mal dalam kondisi tenang.

"Saya di mal saat gempa. Namun, tidak ada yang merasa guncangan aman dan tenang," ujar Heri.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan terjadi gempa M 6,8 di barat laut Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, pada Jumat (18/11/2022) pukul 20.37 WIB.

Dalam (BMKG), gempa susulan pertama pukul 21.07 WIB berkekuatan 4,7, lalu gempa berikutnya 5,6 dan 4,4, semuanya berlokasi di Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.***