PEKANBARU – Wakil Rektor 3 Universitas Riau (Unri) Profesor. Dr. Iwantono, M. Phil akan mencalonkan diri sebagai Rektor Universitas Riau (Unri) Periode 2022-2026. Guru Besar Ilmu Fisika pada Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unri termotivasi untuk memasukkan Unri sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

"Saya Prof. Dr. Iwantono, M.Phil siap maju pada Pemilihan Rektor Universitas Riau periode 2022-2026. Kita termotivasi untuk membawa Unri lebih maju dan menuju level PTN-BH," ujarnya, Rabu (18/5/2022).

Ia mengaku sudah mendapatkan 31 dukungan suara senat yang berasal dari 8 fakultas. 7 suara ia dapatkan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

"Tentu kita akan terus mempersiapkan yang terbaik hingga menjelang pemilihan yang akan diadakan mulai Juni 2022 nanti. Yang pasti, kita maju dengan optimis dan motivasi yang kuat, bagaimana agar dapat memaksimalkan kemajuan Unri sebagai lembaga pendidikan," jelasnya.

Menurutnya, optimisme tersebut berdasarkan sejumlah pengalaman yang akan menjadi loncatan baginya untuk menjadi 'nahkoda' Unri. Dimana, saat ini saja, ia masih mengemban jabatan sebagai Wakil Rektor (WR 3) di kabinet Rektor Prof Aras Mulyadi, dan memiliki pengalaman sebagai Ketua Umum Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan (Forpimawa) Nasional.

"Saya sendiri saat ini masih dipercaya sebagai Wakil Rektor 3. Tentunya dalam posisi ini, saya juga melihat bahwa masih banyak potensi untuk meningkatkan Unri dalam prestasi, bahkan hingga internasional," jelasnya.

Ia kemudian merincikan, salah satu cara untuk membawa Unri sebagai PTN-BH adalah dengan meningkatkan akreditasi program studi dari sekarang baru 38 persen yang bernilai A, menjadi setidaknya 80 persen bernilai A. Sedangkan yang sudah berakreditasi A akan didorong berakreditasi internasional.

Kemudian, ia juga melirik Rumah Sakit Unri yang dinilai memiliki potensi besar menjadi sumber anggaran. Pembangunan dan pengembangan rumah sakit tersebut juga menjadi salah satu visi dan misinya.

"Jika tidak ada halangan, kita siap mendaftar sebagai calon Rektor pada pekan depan. Saat ini kita terus melakukan persiapan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Jurusan Fisika FMIPA Prof Dr Juandi M MSi, membenarkan pihaknya dan ketua jurusan di lingkungan FMIPA memberikan dukungan untuk Iwantono maju sebagai calon rektor Unri periode 2022-2026.

"Saya telah mengetahui track record dia maka kami sangat yakin dan percaya jika menjadi rektor maka Universitas Riau akan maju melesat kedepan," jelas Jundi.

Hal yang sama juga disampaikan Dekan FMIPA Dr. Syamsudhuha, M.Sc yang mengaku bangga koleganya di FMIPA maju pada pemilihan Rektor. "Tentu kami mendukung penuh apalagi beliau orang yang pertama di FMIPA yang maju sebagai calon Rektor," tutupnya.

Untuk diketahui hari ini, Rabu (18/5/2022) tahapan pendaftaran calon rektor Unri telah dimulai hingga 31 Mei 2022 mendatang. Sedangkan penyaringan calon akan dilaksanakan pada 27 Juni 2022 dan pemilihan rektor pada 27 Juli 2022.***