PEKANBARU – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Sekolah Dasar (SD) Negeri dimulai Senin (20/6/2022) depan, menggunakan sistem semi online di Kota Pekanbaru. Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disidik) Kota Pekanbaru, Muzailis, Rabu (15/6/2022).

Ia menjelaskan, penggunaan sistem ini adalah pihak sekolah tidak dipaksa untuk melakukan pendaftaran dengan sistem online. Pihak sekolah nantinya bisa menggunakan Google Drive di sekolah masing-masing.

"Kita tidak ingin memaksakan, kalau dipaksakan nanti hasilnya juga tidak akan baik, jadi kita lakukan untuk SD ini semi online. Sekolah bisa menggunakan Google Drive masing-masing," ujarnya.

Menurutnya, sistem semi online ini dikarenakan vendor yang dikerjasamakan untuk menggunkan sistem online ternyata tidak siap dengan waktunya. Pihak dari dinas juga akan memantau pelaksanaan PPDB semi online ini.

"Awalnya, untuk SD kan rencananya dengan sistem online, tapi karena ada sesuatu hal yang belum memungkinkan untuk online. Karena ada persiapan-persiapan dari pihak vendor tidak selesai dalam waktu yang ditentukan," jelasnya.

PPDB SD Negeri di Pekanbaru memiliki kapasitas 13 ribuan orang. Namun diperkirakan, kuota ini tidak sepenuhnya terisi.

"Terutama di SD pinggiran, karena ada SD di pinggiran mungkin penduduk sedikit dan usia anak sekolah tidak memenuhi kuota yang ada," pungkasnya.***