PEKANBARU, GORIAU.COM - Jadwal pemadaman bergilir untuk wilayah Pekanbaru dan sekitarnya ternyata harus diperpanjang. Penyebabnya karena PLTU Ombilin di Sumbar belum kembali normal.


Sebelumnya, pihak PLN Wilayah Riau-Kepri mengklaim pemadaman bergilir akan berakhir pada 4 April 2013. Pemadaman ini sudah berjalan lebih dari dua pekan lalu.
 

"Kami mohon maaf kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan ini. Pemadaman bergilir malam hari tak dapat dihindari karena ada kerusakan pada pembangkit PLTU Ombilin," kata Manager Humas PLN Riau-Kepri, Suhatman kepada detikcom, Jumat (5/4/2013).


Menurut Suhatman, pemadaman bergilir diperkirakan baru akan berakhir pada 7 April 2013. Dan harapannya tentu saja kerusakan yang terjadi di pembangkit di Ombilin bisa segera teratasi.


"Kita sama-sama berdoalah, semoga kerusakan yang terjadi saat ini bisa segera teratasi," kata Suhatman.


Pemadaman bergilir ini diberlakukan pada beban puncak yakni malam hari. Kerusakan PLTU Omblin yang menghasilkan daya 100 MW itu, untuk Riau disalurkan 20 MW.


"Kekurangan pasokan daya inilah yang membuat kita harus melakukan pemadaman bergilir," kata Suhatman.


Kendati demikian, untuk mengurangi durasi pemadaman itu, pihak PLN telah meminta pada industri dan perhotelan saat beban puncak keluar dari PLN. Perusahaan dan perhotelan malam hari diminta menggunakan genset sendiri.


"Durasi pemadaman malam hari maksimal hanya 2 jam. Ini tentunya setelah kita imbau pihak industri dan hotel untuk keluar dari jaringan PLN pada saat beban puncak,"


Pemadaman bergilir ini memang membuat masyarakat jengkel. Hanya saja masyarakat tidak berdaya atas pemadaman bergilir yang sejak dulu dialami masyarakat Pekanbaru. (dtc)