PEKANBARU, GORIAU.COM - Ketua umum PGI Pusat Pdt Dr Andreas A Yewangoe mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam masa pimpinan Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun atas terselenggaranya Konsultasi Nasional (Konas) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) yang berlangsung di Hotel Indrapura, Pekanbaru, Riau, Selasa (24/6/2014).

Dimana sebelumnya, Konas GMKI yang pernah dilaksanakan di Pekanbaru sekitar 20 tahun yang lalu sangat sulit dan rumit untuk dilaksanakan, sementara pada tahun ini, mendapat dukungan dari Pemprov Riau.

"Ini sesuatu yang luar biasa. Pemprov Riau bersama Pemko Pekanbaru mendukung penuh kegiatan ini. Sementara sebelumnya beberapa puluh tahun lalu, saat Pekanbaru menjadi tuan rumah sangat sulit untuk dilaksanakan," ujar Andreas.

Kongres GMKI memang pernah di gelar di Pekanbaru, tepatnya 20 tahun yang lalu. Berbagai saksi sejarah yang masih hidup menyebut pelaksaan kongres di Pekanbaru ini memnag sangat sulit.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya pluralisme di Indonesia. Menurutnya, tidak ada dikotomi antara minoritas dan mayoritas di Indonesia. "Tidak ada paham mayoritas melindungi minoritas. Kalau ada seperti itu, itu tidak Indonesia," tegasnya.

Andreas juga menyinggung menghenai Pemilu Presiden yang semakin dekat. Ia berharap warga GMKI dan semua warga Indonesia tidak golput namun memberikan hak pilihnya.

Pembukaan KONAS GMKI 014 ini juga dihadiri Gubernur Riau yang diwakili Asisten bidang Pemerintahan Kasiaruddin SH. Dalam sambutannya, Kasiaruddin memuji peran GMKI dalam pembangunan Indonesia.

"GMKI ini seperti yang sudah kita ketahui sudah mencatat banyak hal dalam sejaraj Indonesia baik dalam masa revolusi dan reformasi," katanya.

Ia pun berharap GMKI kedepan semakin berperan dalam pembangunan sumberdaya manusi. Apalagi tantangan kedepannya, akan semakin berat mengingat 2015 nanti akan diberlakukan pasar bebas ASEAN.

Dalam acara pembukaan ini, Kepala Dinas Pemuda dan Olkahraga (Kadispora) Riau Edi Satria juga ikut menemani Kasiaruddin. Kadispora Riau ini memang juga berperan dalam pelaksanaan KONAS GMKI 2014 di Pekanbaru.

Acara KONAS GMKI 2014 ini sendiri akan berakhir pada Sabtu (28/6/2014). Ratusan peserta menghadiri acara ini. Berbagai materi juga akan disuguhkan. Rencananya, siang ini, Rabu (25/6/2014), Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman akan memberikan materi terkait dengan kesiapan Sumberdaya Manusia (SDM) Riau dalam menatap pasar bebas ASEAN 2015 nanti.

"Wagubri direncanakan akan memberikan materi besok (hari ini). Rencananya dia membuka acara ini namun karena halangan, jadi tidak bisa," kata ketua panitia pelaksana Fopin Sinaga.

Fopin sendiri mengapresiasi atas dukugan Pemprov Riau sehingga KONAS bisa berjalan. Begitu juga dengan pihak swasta yang sudah membantu seperti PT Torganda, PT Chevron dan perusahaan lainnya.

"Peserta juga snagat banyak. Kita tidak menduga. Ini melebihi dari yang kita targetkan," katanya.(rls)