RENGAT, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Kesbangpol PBD), menggelar sosialisasi pemilihan presiden dan wakil presiden, bertempat di aula Wisma Ferdi Pematang Reba, Selasa (24/6/2014).

Sosialisasi diikuti 160 peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, pemuda, Ormas dan perwakilan pemilih pemula se-Kabupaten Inhu. Sosialisasi secara resmi dibuka Wakil Bupati Inhu H Harman Harmain, SH MM.

Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini dalam sambutannya mengatakan, Pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokrasi.

Suksesnya Pemilu bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggara Pemilu dan peserta pemilu saja, namun bagai mana masyarakat secara umum memberikan hak pilihnya pada saat Pemilu digelar.

"Saat ini partisipasi politik masyarakat dalam Pemilu menjadi perhatian khusus, fakta nenunjukan bahwa saat ini terjadi satu kecenderungan penurunan partisipasi masyarakat dalam Pemilu. dengan demikian saya berharap dengan diadakan kegiatan sosialisasi ini, peserta yang hadir saat ini agar dapat memotivasi masyarakat untuk memberikan hak suaranya pada pemilihan presiden dan wakil presiden yang akan datang, yakni pada 9 Juli 2014," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol PBD Inhu Adri Bahar, SSos dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi ini merupakan suatu bentuk upaya untuk mengevaluasi peran pemerintah daerah dalam mendukung kelancaran penyelenggraan Pemilu 2014. Diharapkan hasilnya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan kebijakan demi sukesnya Pemlu 2014.

Sedangkan strategi pengawasan pemilih dilaksanakan dengan menggunakan stategi pencegahan yang dilakukan dengan tindakan, langkah-langkah dan upaya optimal mencegah pelanggaran dan indikasi awal. "Khusus untuk pemilih pemula, diharapkan agar nantinya dapat berperan aktif dalam menyukseskan Pemilu presiden ini. Selain itu juga diharapkan mampu memberi pemahaman kepada masyarakat, untuk mengurangi angka golput di Inhu saat Pemilu digelar", pungkasnya.

Dalam sosialisasi itu, Kesbangpol PBD Inhu mendatangkan narasumber dari Dirjen Kesbangpol Pusat Rahmad Santoso, Kesbangpol Provinsi Riau Feri Yusnadi, Komisioner KPU Inhu Hendri A Saleh dan Ketua Panwaslu Inhu Mas'ud. jef