BUATAN, GORIAU.COM - Unit Bisnis Pertamina terminal Buatan, Kecamatan Koto gasib menggelar latihan simulasi di wilayah kerjanya Kamis (31/1). Latihan bertujuan memberikan pembekalan untuk menanggulangi tumpahan minyak.


Acara itu dihadiri oleh Manager Ubep Lirik Feri Andrian, Kepala Produksi Pertamina Terminal Buatan N. Sungkowo, Kapolsek Lubuk Dalam AKP Fridolin, Kepala Puskesmas Koto Gasib Dr Aulia, Badan Lingkungan Hidup Provinsi, BLH kabupaten Siak, Kepala Pos Sahbandar Buatan M Afrijal Daulay.


Dalam sambutannya Manager Unit Bisnis Pertamina Lirik Feri Andrian mengatakan bahwa simulasi latihan yang digelar merupakan latihan tier 1 perdana di Terminal Buatan.


"Kita berharap latihan simulasi ini dapat berlangsung baik dan bila terdapat kekurangan supaya di tingkatkan lagi dan diperlukan masukan dari berbagai pihak terkait,'' ucap Feri Andrian.


Simulasi bertujuan memberi teknik menanggulangi insiden bila nanti terjadi tumpahan minyak di wlayah kerja Pertamina Terminal Buatan.


"Tim yang telah ditunjuk akan memberikan tindakan dalam menanggulangi bila nantinya terjadinya tumpahan minyak di perairan sungai siak," kata. Feri Andrian.


Sementara itu Kepala Pos Sahbandar Afrijal menyampaikan bahwa kegiatan latihan simulasi penanggulangan tumpahan minyak di perairan cukup baik namun jangan hanya diadakan satu kali saja kalau bisa secara berkelanjutan.


"Kita sangat menyambut baik latihan simulasi penanggulangan tumpahan minyak di perairan ini namun kalau bisa di laksanakan secara berkesinambungan supaya lebih terlatih," papar Afrijal singkat.


Di tempat terpisah Humas Pertamina terminal Buatan Safriadi menambahkan bahwa untuk kegiatan simulasi ini dalam peningkatan keterampilan tim personil yang menanggulangi.


Acara kegiatan latihan simulasi itu berlangsung hampir 2 jam berjalan dengan lancar.


Simulasi itu telah terjadinya tumpahan minyak yang berasal dari tug boat pucang yang mengalami kebocoran di sungai siak terminal buatan. (sks)