TELUKKUANTAN - Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau melaksanakan penataran wasit tingkat kabupaten. Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari di Telukkuantan.

"Pelatihan atau ujian wasit ini dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM wasit yang ada di Riau, khususnya Kuansing yang akan menjadi tuan rumah Porprov tahun 2022 mendatang," ujar Heri Hermedi, Ketua Pengkab PBSI Kuansing, Selasa (21/12/2021) di GOR Angkasa Telukkuantan.

Kegiatan ini dimulai hari ini dan akan berakhir pada Kamis mendatang. Para peserta sebanyak 26 orang, tidak hanya berasal dari Kuansing, tapi juga ada dari Kota Pekanbaru, Bengkalis dan Inhil.

"Dalam dua hari ke depan, mereka akan mendapatkan materi teori tentang bulutangkis. Di hari terakhir, baru mengikuti ujian praktek," ujar Heri didampingi Laden Aryono, Ketua Pelaksana Pelatihan Wasit.

Penataran ini diharapkan mampu melahirkan wasit yang profesional. Karena itu, PBSI Kuansing menghadirkan Alta Febra sebagai instruktur. Alta Febra merupakan wasit asal Kuansing yang menjadi utusan Riau pada PON Papua lalu.

"Untuk nilai, saya minta 75 baru lulus. Di bawah itu, tidak lulus. Karena itu, tadi kami mengimbau agar para peserta benar-benar mengikuti kegiatan dengan serius, sehingga bisa memimpin pertandingan secara profesional nantinya," terang Heri.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Ketua KONI Kuansing yang diwakili oleh Wakil Ketua I, Uspandi. Kemudian, juga hadir pengurus PBSI Provinsi Riau.***