BENGKALIS - Dalam rangka hari peduli sampah nasional 2020, Dinas Lingkungan Hidup dan Bank Sampah yang ada di Bengkalis, Riau menggelar aksi peduli lingkungan dengan membersihkan Pantai Selatbaru Bengkalis yang merupakan salah satu lokasi wisata di pulau tersebut, Minggu (23/2/2020).

Aksi bertema Indonesia Bersih, Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera itu diikuti oleh masyarakat, tenaga harian lepas, ASN dan kelompok masyarakat yang tergabung dalam bank sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, H Arman AA melalui Kepala Seksi Pengurangan Sampah, Hj Nurhasanah mengatakan, aksi yang digelar sejak pukul 07.30 Wib sampai pukul 11.30 Wib itu berhasil mengumpulkan berbagai sampai yang terdapat di pantai yang indah itu.

''Dari aksi bersih-bersih tersebut terkumpul sampah an organik berupa plastik bekas minuman dan plastik keras sekitar 20 kg, almunium 7 kg, besi 15 kg dan sampah lainnya,'' jelas Ana, panggilan akrab Nurhasanah.

Selain mengumpulkan sampah, aksi juga melakukan pemisahan sampah an organik dan organik. Sampah yang terkumpul, terutama yang masih punya nilai ekonomi, dijual ke pengepul atau ditabung ke bank sampah.

Sementara itu sampah seperti kayu, sabut dan tempurung kelapa muda dan sampah lainnya diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Dikatakan, pada kegiatan ini, tim juga melakukan sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan pantai kepada para pedagang yang ada di Selatbaru.

Dikatakan, Bengkalis terus melakukan sosialisasi pengurangan sampah sesuai dengan target dalam Jakstrada Kabupaten Bengkalis melalui Perbup No 38 Tahun 2018, target pengurangan di tahun 2020 sebesar 22 persen.

''Alhamdulillah, kesadaran masyarakat Bengkalis akan pentingnya pengelolaan sampah ini semakin tinggi. Bahkan partisipasi masyarakat terus meningkat seperti yang dilakukan hari ini dimana peserta aksi peduli lingkungan diikuti lebih 100 orang. Ini sesuai dengan dengan motto Dinas Lingkungan Hidup Bengkalis yakni Bersih, Bersih SUAI (Sampah untuk Amal Ibadah),'' tutupnya. ***