PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih mencari lahan baru untuk pemindahan Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Karena Menteri Perhubungan RI sudah mendukung agar bandara tersebut dipindah.

Namun Pemprov Riau juga berencana mencarikan solusi agar bandara yang ada saat ini masih bisa dioptimalkan. Dengan kata lain, Pemprov Riau berupaya memaksimalkan keberadaan bandara saat ini.

"Menyiapkan lahan itu butuh 5,7 sampai 10 tahun. Kita usahakan yang sekarang bisa diperpanjang, agar juga bisa dipakai untuk embarkasi haji/umrah," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, Rabu (18/3/2015).

Diberitakan sebelumnya, kawasan Bandara SSK II Pekanbaru dinilai sudah tidak layak lagi. Karena landasan pacu yang idealnya 3.000 meter tidak bisa dicapai. Dimana kawasan tersebut padat pemukiman.

Saat ini panjang bandara baru 2.400 meter dan tengah penambahan hingga 2.600 meter. Angka tersebut masih belum mencukupi untuk memenuhi syarat dijadikan embarkasi haji. Untuk itu, wacana pemindahan bandara mulai digulirkan.***