PEKANBARU - Meningkatnya kasus penularan virus Corona di Provinsi Riau sejak beberapa hari terakhir, kembali menghambat aktivitas para atlet Riau yang akan berlaga di PON XX Papua pada 2021 mendatang. Pasalnya, saat ini jadwal training centre (kegiatan pemusatan latihan, red) yang penting dilakukan untuk mengukur daya tahan dan saing atlet sebelum berjuang mengharumkan nama daerah kembali ditunda.

"Rencana kita kemarin bulan Agustus ini, tetapi sepertinya belum bisa juga. Alasanny karena rekomendasi izin dari dinas kesehatan juga belum ada, dan wabah Covid-19 di Provinsi Riau semakin meningkat," ujar Ketua KONI Provinsi Riau Emrizal Pakis, Selasa (4/8/2020).

Emrizal menerangkan penundaan agenda ini juga telah sesuai arahan Menpora RI, yang menyatakan training centre atlet tidak boleh diadakan di daerah zona merah. Sementara itu, ia mengimbau agar para atlet tetap berlatih mandiri di rumah hingga status Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau memungkinkan untuk menggelar latihan yang lebih efektif.

"Kita imbau kepada atlet kita agar tetap berlatih secara mandiri di rumah untuk sementara waktu. Sampai memungkinkan bagi kita untuk training centre, kita juga akan terus berkomunikasi dengan dinas kesehatan mengenai kondisi dan situasi daerah serta rekomendasi izin untuk latihan itu," pungkasnya. ***