PANGKALAN KERINCI – Tengkorak manusia ditemukan di kebun tua Desa Pesaguan, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Riau, Kamis (15/9/2022).

Selain penemuan tengkorak manusia, juga ditemukan tulang kaki manusia yang tergantung di pohon.

Kapolres Pelalawan, AKBP Guntur M Tariq melalui Kasubag Humas, AKP Edy Haryanti, Jumat (16/9/2022) mengungkapkan, penemuan tengkorak manusia bermula seorang warga bernama Kadar sedang mencari kulit asam kandis di kebun tua.

"Dia (Kadar) sesampainya di pohon kulim melihat ada tengkorak manusia dan gumpalan hitam bekas pembusukan mayat yang berserakan di tanah," ungkapnya.

Seketika itu, Kadar melihat ke atas pohon kulim dan ada tempat tidur terbuat dari kain (ayunan) yang bergantung di pohon. Tampak masih ada bagian tulang kaki manusia masih bergelantung.

"Melihat ada yang aneh, Kadar lalu menghubungi temannya. Hingga akhirnya menghubungi pihak kepolisian Polsek Pangkalan Lesung," terang AKP Edy.

Setelah Unit Identifikasi Polres Pelalawan sampai di lokasi dan mendapati tulang manusia sudah terpisah dan berserak di beberapa titik  dekat lokasi penemuan tengkorak manusia.

"Tidak jauh dari lokasi ditemukannya tengkorak manusia, juga ditemukan sandal yang dikenali oleh warga bernama Syarifah. Adalah sandal biasa dipakai oleh adik kandungnya bernama Ali Akbar (35) warga Desa Dusun Tua," paparnya.

Dari keterangan keluarganya, sambung AKP Edy, yang bersangkutan mengalami keterbelakangan mental (ODGJ).

"Memurut keteterangan kakak korban,  sekira 3 bulan lalu korban pergi dari rumah dan tidak pulang lagi. Pihak keluarga sudah berupaya mencari ke tempat dimana korban biasa jalan, pondok dan kebun korban sering istirahat," tandasnya.

Tim Identifikasi bersama personel Polsek Pangkalan Lesung mengumpulkan tulang belulang manusia dan membawanya ke Puskesmas Pangkalan Lesung untuk diserahkan kepada pihak keluarga untuk dikebumikan.***