JAKARTA – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2022 akan segera dibuka oleh pemerintah pusat pada Oktober 2022 ini. Pendaftaran CPNS tahun 2022 kali ini bisa kamu akses pada laman sscasn.bkn.go.id.

Pada pendaftaran CPNS tahun 2022 di laman sscasn.bkn.go.id dimulai dengan pembuatan akun terlebih dahulu hingga menyelesaikan semua proses dan persyaratan yang diminta.

Oleh karena itu, siapkan memang semua persyaratan yang diminta tersebut dalam bentuk file, karena semua akan diupload di laman tersebut.

Ada dua jenis CPNS yang akan dibuka pemerintah tahun ini, yaitu ASN atau Aparatur Sipil Negara dan PPPK atau Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja.

Dalam keterangnnya Menpan RB memastikan akan membuka pendaftaran CPNS pada bulan (Oktober) ini.

“Ini sudah saya pelajari, kalau lihat time tabelnya, ini cukup mepet waktunya, jadi harus tuntas bulan ini,” kata Menpan Azwar Anas mengutip laman Kemenpan RB.

Disampaikan juga bahwa rekrutmen CPNS kali ini yang terdiri dari ASN dan PPPK dilakukan secara serentak di semua kementerian lembaga serta pemerintah daerah.

Rekrutan CPNS kali ini lebih banyak menyasar tenaga pendidikan dan kesehatan serta formasi yang sifatnya umum di masing-masing kementerian lembaga serta pemerintah daerah.

Terkait dengan rekrutan CPNS tenaga kesehatan, Menpan RB memastikan akan merekrut banyak formasi kesehatan, mengingat peran penting tenaga kesehatan saat ini.

“Tenaga kesehatan berperan penting dalam mendukung program prioritas Presiden Jokowi seperti meningkatnya kasus stunting serta penurunan angka kematian ibu dan anak,” kata Menteri Azwar Anas.

Kemenpan RB memastikan akan membuka sebanyak 1 juta formasi CPNS tahun ini, yang terdiri dari PPPK dan ASN murni.

Berikut ini rinciannya, pemerintah pusat membutuhkan rekrutmen sebanyak 45 ribu guru, 20 ribu dosen, 3 ribu dokter, dan 35 ribu jabatan teknis lainnya. ***