SOLO - Video momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menyalami Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat acara HUT TNI viral di media sosial. Video tersebut memunculkan banyak spekulasi mengenai hubungan antara mantan Kapolres Solo dengan mantan Wali Kota Solo itu. Namun hal itu buru-buru dibantah oleh Istana. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono pun memberikan penjelasan.

Mengutip detikNews, Jumat (7/10/2022) Heru menyampaikan Presiden Jokowi sebelumnya juga sudah menyapa Kapolri. Dia juga menegaskan bahwa tidak ada masalah antara Jokowi dengan Kapolri.

"Nggak ada masalah. Kan di mimbar utama sebelum upacara, semua sudah disalamin dan kan yang di video itu Pak Presiden menyapa Pak Kapolri," ujar Heru kepada wartawan.

Seperti diketahui dalam video yang dilihat detikcom, Kamis (6/10/2022), Jokowi awalnya menyalami Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Namun setelah itu Jokowi tak menyalami Kapolri yang berada di sebelah Andika.

Jokowi langsung bergerak menyalami KSAD Jenderal Dudung Abdurachman dan istri. Selanjutnya Jokowi menyalami KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dan KSAL Laksamana Yudo Margono.

Jokowi tampak ditemani oleh Wapres Ma'ruf Amin. Setelah itu, Jokowi mengangkat kedua tangannya ke arah warga.

Video yang beredar di medsos itu merupakan potongan dari video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden. Momen Jokowi tak menyalami Kapolri itu terjadi setelah acara defile pasukan dan pawai alutsista di panggung depan Istana Merdeka.

Setelah momen itu, Jokowi memanggil warga bersama anak untuk bersalaman dan berfoto bersama Jokowi. Tampak mendampingi Ma'ruf Amin, Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI, KSAD, KSAU, dan KSAL. ***