BENGKALIS, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkalis bertekad untuk mewujudkan Bengkalis sebagai kota pendidikan, tidak hanya dalam skala Riau melainkan secara nasional. Berbagai program peningkatan kualitas pendidikan, baik kualitas SDM maupun sarana dan prasana pendidkan terus dimaksimalkan.

Hal itu disampaikan Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh saat menghadiri acara perpisahan SMAN 3 Bengkalis di Gedung Kesenian Cik Puan, Kamis (25/4/2013). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis H Herman Sani, Kepala SMAN 3 Bengkalis Hj Zamzuzana, sejumlah kepala sekolah, orang tua/wali murid dan para siswa.

''Selaras dengan grand strategy pembangunan Kabupaten Bengkalis, mewujudkan Kota Bengkalis sebagai pusat pendidikan, maka kita terus memaksimalkan pembangunan bidang pendidikan di negeri junjungan ini. Salah satunya pemberian beasiswa kepada pelajar berprestasi baik itu prestasi di bidang akademik maupun prestasi bidang olahraga dan kegiatan yang mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis. Selain itu, pembangunan lokal-lokal baru maupun sarana fasilitas di sejumlah sekolah,” tegas Bupati.

Untuk mengembangkan Bengkalis sebagai pusat pendidikan, telah diprogramkan pembangunan Universitas Sumatera Timur, pembangunan lima buah politeknik dengan didukung 4 SMA unggulan, 4 SMK unggulan dan 2 pondok pesantern unggulan. “Kita juga membangun cyber education serta pengembangan pendidikan agama,” ujar Bupati.

Para generasi muda juga berperan penting dalam mensukseskan Bengkalis sebagai kota pendidikan. Khususnya untuk para siswa yang nantinya lulus UN, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Jangan berhenti hanya sampai di sini, jangan pernah merasa puas hanya menjadi alumni SMA saja. Karena semakin tinggi pendidikan, semakin besar pula kesempatan untuk bisa berbuat yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga maupun lingkungan yang lebih besar. Teruslah berusaha lebih giat memacu prestasi diri dan studi kalian,” ajak Bupati.

Sementara Kadis Pendidikan H Herman Sani dalam sambutan singkatnya mengatakan, pelaksanaan UN di Kabupaten Bengkalis untuk tingkat SLTA berjalan aman, tertib dan terkendali. Ia juga menjanjikan bagi 10 siswa terbaik yang berhasil masuk ke perguruan tinggi terkemuka di Indonesia akan mendapatkan beasiswa penuh. (jfk)