JAKARTA - Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) memberikan tanggapan soal Riska Rasmadila, atlet voli muda berbakat asal Riau yang kakinya terancam diamputasi.

Tanggapan disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum PBVSI, Bambang Suedi. Pernyataan Bambang berfokus kepada potensi bantuan yang bisa didapatkan Riska Rasmadila untuk menjalani proses penyembuhan.

Bambang menjelaskan status Riska Rasmadila yang merupakan atlet voli tingkat daerah. Maka dari itu, menurut Bambang, bantuan nantinya bakal datang Pengurus Cabang (Pengcab) PBVSI yang berada di area tempat tinggal Riska.

PBVSI memang memunyai Pengcab yang bertugas untuk memantau perkembangan olahraga voli di daerah-daerah. Kasus seperti Riska jadi salah satu peran nyata Pengcab yang tentunya tetap mendapat pantauan PBVSI pusat.

"Kalau atlet nasional seperti Aprilia Manganang yang cedera lutut, PBVSI yang akan menanggung operasinya. Kalau masih tingkat daerah, ya Pengcap yang seharusnya membantu pembiayaan," ungkap Bambang.

Bambang sendiri awalnya kurang mengetahui informasi soal cedera yang dialami Riska. Namun setelah mendapat kabar ini, Bambang lewat jajaran Pengcab PBVSI pasti sebisa mungkin akan memberikan bantuan.

Sejatinya Riska merupakan salah satu wanita berprestasi yang memiliki kemampuan dalam bidang olahraga voli. Sayangnya, kejadian pilu harus dialami Riska ketika berlatih bola voli bersama teman-teman sekelasnya di SMA 1 Kampar Kiri, Riau.

Riska terjatuh dan mengalami cedera di bagian kakinya. Kondisi cedera kaki Riska ternyata tak kunjung membaik, bahkan sampai menyebabkan munculnya tumor ganas.

Keterbatasan biaya membuat Riska kesulitan untuk menyembuhkan cedera dan tumor yang ada di kakinya. Kabarnya, Riska kian terpukul setelah mendengar analisis dokter yang menyarankannya agar melakukan amputasi.

Banjir dukungan dan donasi pun langsung datang dari berbagai kalangan terutama kalangan alumni SMA 1 Kampar Kiri dan pemerintah daerah. Meskipun sempat ada kabar kaki Riska akan diamputasi, tidak menutup kemungkinan kondisinya bisa segera pulih dengan operasi.

Hingga kini Riska masih mendapat dukungan dari berbagai kalangan yang rela berdonasi untuk kesembuhan wanita cantik penggemar voli tersebut. Telah terkumpul sementara dana sekitar Rp20 juta dari jumlah yang ditargetkan yakni Rp400 juta.***