BENGKALIS, GORIAU.COM - Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Bengkalis selain diperingati dengan upacara bendera, juga diwarnai dengan kegiatan Napak Tilas.

Napak Tilas dilepas Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh didampingi Dandim Bengkalis di depan Kantor Bupati usai apel peringatan Hari Pahlawan, Sabtu (10/11/2012). Sebanyak 36 regu yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, organisasi, dinas instansi dan umum ikut ambil bagiani.

Ketua pelaksana napak tilas, Syamsul Rizal mengatakan, kegiatan ini digelar untuk lebih mengenalkan kepada generasi muda dan masyarakat  jalur-jalur yang dilalui oleh para pejuang dahulunya. Karena di Pulau Bengkalis sangat banyak jalur-jalur yang digunakan oleh pejuang dalam meebut kemerdekaan.

"Memamg tak semua jalur yang ditempuh para pejuang di pulau Bengkalis dilalui para peserta napak tilas. Karena jalurnya sangat banyak. Namun setidaknya dengan ditempuhnya sebagian jalur pejuang itu, dapat mengingat dan merasakan beratnya perjuangan para pejuang untuk kemudian membangkitkan rasa nasionalis masyarakat dan  punya tanggung jawab untuk mengisi perjuangan tersebut," ujar Syamsul Rizal.

Napak tilas yang berlangsung dua hari tersebut sebagaimana diungkapkan pria yang akrab disapa Opang ini akan menempuh perjalanan sepanjang 52 kilometer lebih yang dimulai dari depan kantor Bupati, Jalam A Yani, Bengkalis.

"Hari pertama, peserta akan menempuh jalur -jalur perjuangan sepanjang 26,8 km dimulai di depan kantor bupati dan akan berhenti di Selatbaru, Kecamatan Bantan. Peserta dibagi dalam dua kelompok itu  yakni kelompok 1 peserta dari pelajar, mahasiwa dan organisasi serta kelompok 2 terdiri dari dinas/instansi dan umum akan bermalam di lapangan Selatbaru," ucapnya.

Esok paginya atau hari kedua peserta akan melanjutkan perjalanan dengan jarak tempuh 24,8 kilometer dimulai dari lapangan Selatbaru dan berakhir di bumi perkemahan Kelapapati Bengkalis untuk kemudian bermalam di bumi perkemahan dan esok paginya dilaksanakan apel dan pengumuman pemenang.

"Panitia menyiapkan hadiah bagi juara 1 sebesar Rp15 juta, juara 2 Rp12 juta dan juara 3 sebesar Rp10 juta. Sementara untuk harapan 1 Rp8 juta, harapan 2 Rp6 juta dan harapan 3 Rp4 juta. Disamping itu bagi peserta yang berhasil melewati garis finish juga akan ada diberikan uang sagu hati," terang Opang. (jfk/rls)