PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Rangkaian Gema Muharram 1434 H tingkat Kabupaten Pelalawan dalam menyambut tahun baru Islam dilaksanakan di Mesjid Raya Muttaqin Pangkalan Kerinci. Pada hari pertama, 11 regu dari 33 peserta Syarhil Quran sudah tampil menunjukkan kebolehannya di depan dewan juri.

''Alhamdulillah hari perdana kegiatn syarhil Gema Muharram berjalan dengan semarak dan lancar sesuai rencana. 11 regu dengan 33 peserta sudah tampil maksimal dan sangat memukau hadirin dan dewa juri saat mereka unjuk kebolehan,'' terang Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Pelalawan HM Nasir didampingi koordinator DR H Edi Iskandar,SAg, MPd, Minggu ((11/11/2012).

Disaksikan ratusan peserta dari kalangan pelajar dan masyarakat, kegiatan syarhil Quran sempena Tahun Baru Islam 1434 H diikuti 11 regu perwakilan dari SMP dan SMA di Kabupaten Pelalawan dan menjadi cikal bakal melahirkan calon mubaligh di daerah ini.

''Kedepan kita punya planning bahwa setiap hari besar Islam akan di meriahkan dengan lomba-lomba seperti ini, supaya generasi muda Islam sadar akan keagungan agamanya,’’ ujar Edi sambil menyebutkan panitia sudah mengantongi nama-nama peserta yang menjadi yang terbaik dalam lomba kali ini.

Kegiatan yang berakir pada 13 dan puncak peringatan 15 November mendatang lanjut peraih gelar doctor pendidikan termuda di Kabupaten Pelalawan lagi, panitia juga melaksanakan lomba marhaban atau berzanji, karena marhaban berzanji dinilai berangsur dilupakan dan perlu diangkat kembali. Juga ada lomba rebana tingkat perwiridan ibu-ibu se Kecamatan  Pangkalan  Kerinci.

Rangkaian kegiatan lainnya sebut peraih gelar doktor pendidikan termuda di Kabupaten Pelalawan menyebutkan juga ada karnaval pawai melibatkn siswa SD/MI-SMA/MA se Pangkalan Kerinci, zikir dan tabligh akbar pada acara puncaknya.

''Kita berharap dengan semarak dan gema Muharram dapat menambah syiar dan kecintaan generasi muda terhadap tahun Hijriyah,'' paparnya sambil menyebutkan  panitia menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan, tropi dan piagam bagi pemenang. (kst/rls)